Sabtu, 30 Januari 2010

Hari ke-8 OJT(29-1-2010)


LIBUR....
ASYIK>>>>>>>>>>>>

smoga hari-hari bsok juga lebih baik..
Hanya ini Laporan saya,, kurang lebih dan adanya kata-kata kurang berkenan mhon di ma'afkan...
terima kasih

Lanjut membaca “Hari ke-8 OJT(29-1-2010)”  »»

Hari ke-7 OJT(28-1-2010)



> preparing
>cek pc In the second floor
>break

smoga hari-hari bsok juga lebih baik..
Hanya ini Laporan saya,, kurang lebih dan adanya kata-kata kurang berkenan mhon di ma'afkan...
terima kasih

Lanjut membaca “Hari ke-7 OJT(28-1-2010)”  »»

Kamis, 28 Januari 2010

Hari ke-6 OJT(27-1-2010)


> preparing
>cek pc
>helping customer
>printing
>sending fax
>editing Photo
>break

smoga hari-hari bsok juga lebih baik..
Hanya ini Laporan saya,, kurang lebih dan adanya kata-kata kurang berkenan mhon di ma'afkan...
terima kasih

Lanjut membaca “Hari ke-6 OJT(27-1-2010)”  »»

City Gagal Boyong Gago


MADRID - Keinginan Manchester City untuk memboyong gelandang Fernando Gago harus kandas. Agen Zoran Vekic tidak yakin kubu Real Madrid mau melepas Gago ke City.

Pemain 23 tahun ini sangat berharap bisa meninggalkan Santiago Bernabeu di bursa transfer jilid II ini. Gago yang kerap menjadi pemain cadangan, tidak ingin kehilangan kesempatan tampil di Piala Dunia 2010 bersama Timnas Argentina. Gago butuh jam terbang pertandingan agar pelatih Diego Maradona memanggilnya.

Gago baru saja mengadakan pertemuan dengan direktur umum Madrid Jorge Valdano. Gago sudah menyampaikan keinginannya pindah, tapi Valdano dan manajemen tim belum punya opsi untuk melepasnya.

Pelatih City, Roberto Mancini membutuhkan peran seorang gelandang bertahan. Karakter Gago dianggap pas untuk mengisi posisi tersebut. Media Spanyol menyebut City sudah menyiapkan dana sebesar 15 juta euro.

"Saya tidak yakin Madrid akan melepas Gago. Memang masih ada pertemuan yang ditunda, tapi saya ragu Madrid benar-benar akan melepasnya," jelas Vekic seperti dilansir Goal, Kamis (28/1/2010).

Lanjut membaca “City Gagal Boyong Gago”  »»

Dua Gol Ronaldo Menangkan Madrid


MADRID - Real Madrid kembali merapatkan selisih angka mereka dengan sang pemucak klasemen La Liga Barcelona. Mereka berhasil meraup poin penuh dengan menjungkalkan Malaga 2-0. Senin (25/1/2010).

Dua gol Madrid pada laga tersebut merupakan buah karya sang megabintang Cristiano Ronaldo. Dia memborongnya di babak pertama tepat pada menit 36' dan 39'.

Torehan pertama pemain berjuluk CR 9 itu adalah hasil kerja sama segitiga. Karim Benzema yang memegang bola diluar area penalti lawan menyerahkannya kepada Ricardo Kaka dan langsung dilanjutkan dengan umpan datar ke depan mulut gawang. Ronaldo yang berada di daerah tersebut menyambar dengan sebuah sepakan. Skor berubah 1-0 untuk tuan rumah.

Tiga menit berselang Ronaldo melakukan aksi brilian. Dia mencetak gol tendangan voli spektakuler dari jarak jauh usai menerima sodoran Guti Hernandez. Madrid semakin unggul 2-0.

Pemain asal Portugal itu tidak disangkal menjadi pahlawan kemenangan Los Marengeus pekan ini. Tapi, ulah buruk Ronaldo di lapangan pada menit 70' membuatnya harus diusir wasit keluar lapangan. Ronaldo menyikut bek Malaga Patrick Mtiliga hingga hidungnya mengelurkan darah.

Beruntung, meskipun sudah kekurangan satu pemain, anak-anak asuh Manuel Pellgrini masih bisa memaksakan keunggulan 2-0 bertahan hingga akhir.

Dengan kemenangan ini Madrid dipastikan kembali mempersempit jarak selisih poin dengan Barcelona. Kini mereka hanya terpaut lima angka saja.

Lanjut membaca “Dua Gol Ronaldo Menangkan Madrid”  »»

Selama 2 tahun, Kasir BRI Bobol Rp2 Miliar


KARAWANG - Seorang kasir Bank Rakyat Indonesia (BRI) Cabang Cikampek Unit Mekarmaya, Reza Rizkiana Surya (23), berhasil membobol BRI sekitar Rp2 miliar. Saat ini, tersangka langsung ditahan Kejaksaan Negeri (Kejari) Karawang di LP Warung Bambu, Karawang sekira pukul 15.00 WIB.

Kepala Seksi Pidana Khusus (Kasie Pidsus) Kejari Karawang Dede Sutisna mengungkapkan, tindak pidana korupsi di bidang perbankan ini cukup menarik. Sebab, selain dilakukan seorang kasir sendiri, tindakan ini juga memiliki modus yang rapi dan berlangsung dari tahun 2005 hingga Juli 2007.

"Ketika awal diketahui, tersangka langsung mengakui dirinya melakukan transaksi fiktif dengan nasabah," ujar Dede di ruang kerjanya, Kamis (29/11/2007).

Dede menjelaskan, beberapa modus dilakukan untuk memuluskan pengambilan uang. Modus pertama, tersangka mengambil simpanan dengan cara memalsukan tandatangan nasabah.

Maksudnya, jelas Dede, proses penarikan dilakukan dengan cara mengisi tanda pengambilan (OPS-01), kemudian tersangka mengambil KCTT nasabah yang bersangkutan dan meniru tandatangan nasabah semirip mungkin sehingga form OPS-01 itu asli diisi nasabah sendiri.

"Modus pertama, tersangka memalsukan formulir pengambilan uang nasabah yang akan mengambil uang tunai," jelasnya.

Modus kedua, kanjut Dede, setoran dari nasabah tidak dibukukan tersangka. Jika ada nasabah yang akan menabung dan menyerahkan tanda setoran (OPS-02) dan telah ditandatangani beserta uangnya, imbuh Dede, tersangka lalu membuat tanda terima setoran yang diberikan kepada nasabah. Lalu, transaksi penyetoran di buku tabungan nasabah ditulis tangan dengan dalih komputer dan printer rusak. "Selanjutnya uang yang tidak diprint di buku diambil tersangka dan bukti setoran dihilangkan," ujarnya.

Setelah itu, jelas Dede, pengambilan simpanan tanpa bukti kas setelah cetak daftar mutasi harian (DMH). Caranya sebelum tutup buku, tersangka selaku kasir mencetak transaksi DMH dan transaksi harian teller.

Kemudian tersangka menyerahkan kepada kepala unit untuk dilakukan verifikasi seolah-olah pembukuan telah selesai. Selanjutnya, papar Dede, tersangka melakukan transaksi tambahan berupa penarikan simpanan atas nama nasabah lain tanpa bukti kas pengambilan dan langsung divalidasi pada kertas lain.

Setelah itu, tambah Dede, dilanjutkan dengan melakukan proses tutup buku lagi tanpa mencetak DMH atau transaksi nasabah. Hal ini dilakukan untuk menyeimbangkan kas fisik dengan pembukuan akibat ketekoran kas karena biasanya terdapat penarikan simpanan oleh nasabah yang saldonya pada PC tidak cukup akibat dana sebelumnya telah diambil tersangka, atau terdapat pembayaran pengambilan simpanan oleh nasabah tanpa melalui pembukuan, tetapi dibayarkan langsung dari kas teller. "Tersangka seperti profesional, padahal baru berumur 23 tahun dan hanya lulusan SMA," imbuh Dede.

Dede menyatakan, perbuatan tersangka terungkap pada 12 Juli lalu ketika tersangka ditugaskan mengikuti pelatihan di Lembang, Bandung. Saat itu, sambungnya, kasir yang menggantikan tersangka mendapati saldo nasabah tidak sesuai. Saat akan dilakukan pengambilan uang, ternyata ada perbedaan saldo antara komputer dan buku tabungan nasabah. Saat ditanyakan, tersangka langsung mengakui bahwa dirinya melakukan transaksi fiktif kepada nasabah.

Dede menyatakan, kasus ini ditangani pihaknya karena yang bersangkutan dinilai telah merugikan BRI senilai Rp2 miliar, sehingga tersangka terjerat kasus dugaan korupsi.

Tersangka sendiri ditahan sejak kemarin hingga 20 hari ke depan dengan S-Print-2608/0.2.18/fd.1/11/2007 tanggal 29 November 2007. Oleh penyidik tersangka dijerat melanggar UU Tipikor Primair Pasal 2 ayat (1) UU No 31/1999 Jo UU No 20/2001 Jo Pasal 64 KUHP Subsidair Pasal 3 UU No 31/1999 Jo UU No 20/2001 Jo Pasal 64 KUHP lebih subsidair Pasal 8 UU No 20/2001 Jo Pasal 64 KUHP. Tersangka ditahan dengan alasan untuk menghindari merusak alat bukti atau kabur dan karena ancaman hukuman terhadap tersangka lebih dari lima tahun.

Saat dibawa petugas Pidus Kejari, tersangka lebih memilih diam dengan didampingi kuasa hukumnya Manalu SH. Tidak ada perlawana atau protes dari keduanya, termasuk beberapa keluarga korban atas penahanan ini. Dede menambahkan, pihaknya akan melakukan penyidikan lebih lanjut, termasku menyita beberapa kekayaan tersangka seperti rumah beserta isinya, kendaraan dan alat bukti lainnya. "Kita akan kembangkan terus kasus ini, termasuk kita akan langsung mendatangi kantor BRI tersangka bekerja," pungkasnya.

Lanjut membaca “Selama 2 tahun, Kasir BRI Bobol Rp2 Miliar”  »»

Pencuri Pisang Divonis 3,5 Bulan Penjara


BOJONEGORO - Pasangan suami istri (pasutri) Supriyono dan Sulastri, pencuri setandan pisang, akhirnya lega. Majelis hakim Pengadilan Negeri (PN) Bojonegoro, memvonis keduanya dengan hukuman 3,5 bulan.

Sehingga, mereka hanya butuh waktu sekitar seminggu lagi menjalani masa tahanan.

“Kalian dihukum berapa tadi? Sudah faham?. Bagaimana. Menerima, banding atau pikir-pikir,” tanya ketua majelis hakim Pudji Widodo, usai membacakan vonis kepada dua terdakwa warga Gg Pramuka, Desa Sukorejo, Kecamatan Bojonegoro.

Sidang dengan tiga hakim yang menangani itu, seperti biasa penuh sesak pengunjung yang datang ingin melihat langsung jalannya sidang. Mereka berasal dari aktivis anti korupsi, mahasiswa, dan masyarakat umum. Empat Penasehat Hukum (PH) juga mendampingi dua terdakwa mulai hingga berakhirnya sidang.

Bahkan, sidang tersebut juga mendapat penjagaan ketat aparat kepolisian. Puluhan personel dengan menumpang mobil pengendali massa (dalmas) dikerahkan untuk ikut menjaga keamanan saat sidang berlangsung.

“Ganyang koruptor. Mereka mencuri bukan untuk memperkaya diri. Koruptorlah yang memperkaya diri,” teriak Abdul Wachid, dari Lembaga Anti Korupsi (LAiK) Bojonegoro sesaat setelah hakim membacakan vonis.

Sidang yang dimulai sekitar pukul 12.00 WIB itu awalnya mendengarkan tuntutan jaksa Arif Suhermanto. Dalam tuntutannya, pasutri yang mencuri setandan pisang susu milik Maskun warga Desa Pacul itu, dinilai secara sah dan meyakinkan melakukan tindak pidana pencurian dan pemberatan sesuai dakwaan pasal 363 ayat 1 ke-4 KUHP.

“Terdakwa telah terbukti mencuri pisang,” terangnya.

Oleh karena itu, lanjut dia, kedua terdakwa dituntut hukuman 6 bulan penjara dan diwajibkan mengganti pisang susu yang dicuri. Kedua terdakwa dinilai melanggar pasal pencurian dan pemberatan, karena dilakukan lebih dari 1 orang. Selain itu, sesuai keterangan terdakwa, sebelumnya juga sudah mencuri pisang dan mangga. “Terdakwa mengakui apa yang dilakukannya,” kata Jaksa Arif.

Usai pembacaan tuntutan, sidang langsung dilanjutkan dengan pembacaan pledoi dari pengacara terdakwa. Pledoi dibacakan oleh Nur Syamsi, salah satu dari empat pengacara yang hadir. Dalam pembelaannya, pengacara menjelaskan, perbuatan terdakwa memang mencuri pisang, tapi hal itu dilakukan karena terpaksa. “Jadi majelis hakim perlu mempertimbangkannya,” terangnya.

Tak seperti sidang-sidang perkara pidana umum (pidum) lainnya, sidang yang kemarin diliput hampir semua media cetak dan elektronik itu, langsung lanjutkan dengan tanggapan jaksa. Setelah itu, sidang diskors selama 10 menit dan hakim langsung menjatuhkan vonis. Usai waktu skors selesai 10 menit sidang dilanjutkan dengan pembacaan vonis.

Usai mendengar putusan majelis hakim, dua terdakwa yang sudah menjalani kurungan 3 bulan lebih seminggu itu langsung berkonsultasi dengan pengacara nya. Hasilnya, keduanya menerima vonis itu dan siap menjalani sisa masa tahanan.

“Kami menerima, dan siap menjalani hukuman sisa,” kata Supriyono usai sidang.

Seperti diketahui, dua terdakwa pasutri ini ditangkap petugas Polsek Kota Bojonegoro 19 Oktober 2009 silam. Pasalnya, keduanya kedapatan mencuri setandan pisang milik Maksun. Keduanya lalu dijebloskan ke sel tahanan LP Kelas II A Bojonegoro. Setelah media meliput sidang kedua terdakwa, dukungan terus berdatangan hingga lima pengacara siap mendampingi. Dan setiap sidang menjadi sorotan masyarakat. Tak pelak, dalam pembacaan tuntutan, JPU menyindir para pengacara hanya mencari popularitas semata.

“Mereka hanya mencari popularitas. Bukan membuktikan perkara,” terang Arif yang disambut senyuman oleh para pengacara.

Lanjut membaca “Pencuri Pisang Divonis 3,5 Bulan Penjara”  »»

Gol Perpisahan Suchao untuk Persib


Fantastis! Suchao Nuntum akhirnya menepati janji untuk menciptakan gol kemenangan bagi Persib Bandung. Pada laga penutup kontra Persik Kediri di Stadion Si Jalak Harupat, Selasa (26/1/2010), gelandang asal Thailand ini menyumbang satu gol unik ke gawang Persik.

Gol pemain lincah ini tercipta melalui tendangan pisang saat mengeksekusi tendangan sudut. Setelah kemelut di depan gawang Herman, akhirnya membuahkan tendangan penjuru bagi Persib. Suchao mengeksekusi dari sudut kiri gawang. Kiper Herman sempat berupaya memblok tendangan pisang Suchao. Tapi ternyata wasit Yandri meniup peluit tanda bola telah masuk.

Gol di menit 64 tersebut langsung mendapat sambutan sekitar 27 ribu Bobotoh di Stadion Si Jalak Harupat, Soreang, Kabupaten Bandung. Gol terakhir pemain asal TOT FC ini pun langsung disambut seluruh pemain Maung Bandung. Eka Ramdani adalah pemain yang pertama menghampiri Suchao dan memeluknya.

Suasana laga terakhir Persib pada putaran perdana Liga Super Indonesia (LSI) 2009/2010 ini benar-benar semarak. Dengan ambisi menuai hasil manis, permainan Maung Bandung benar-benar fantastis. Yang paling heboh adalah suasana Bobotoh melepas kepergian Suchao.

Puluhan ribu Bobotoh fanatik membawa beragam spanduk ucapan terima kasih dan selamat tinggal kepada pemain yang akan memperkuat Power Elektric tersebut. Setidaknya tulisan seperti “I Love Suchao” dan “Thank Suchao” menghiasai berbagai tribun.

Teriakan Bobotoh terus menggema saat pemain kelahiran Kanchanaburi, 17 Mei 1983 ini membawa bola. Teriakan itu memuncak saat gol yang diciptakannya semakin menggenapkan prestasi pemain berwajah ganteng ini yang pantas dikenang dengan manis.

Setelah laga usai, Suchao langsung diarak Bobotoh mengelilingi lapangan. Puluhan Bobotoh yang membawa rangkaian bunga langsung menghampiri pemain yang menyumbang tiga gol selama berkiprah di putaran pertama ini. Suasana stadion menjadi haru karena terpaksa melepas pemain bertalenta luar biasa tersebut.

Ditemui usai laga, Suchao mengaku sangat terharu dengan sambutan Bobotoh. Dia tak henti-hentinya mengucapkan rasa syukur dan terima kasih kepada para bobotoh yang mendukungnya selama ini. Dengan bahasa Sunda, Suchao berucap, “Hatur nuhun buat Bobotoh”.

Selain dukungan Bobotoh, Suchao juga berterima kasih kepada para pemain yang sudah tampil maksimal dalam setiap laga. Sehingga, pada akhir putaran bisa menuai hasil yang terbaik. Dia tidak akan melupakan seluruh apresiasi kepadanya, baik Bobotoh, pemain, pelatih serta manajemen.

“Saya hanya bisa mengucapkan terima kasih kepada semuanya,” tandasnya.

Manajer Persib Umuh Muhtar sangat merasakan kehilangan atas kepergian pemain kesayangan semua pemain tersebut. Rencananya, Rabu (27/1/2010) besok, di kediamannya di Tanjungsari, Sumedang, akan diadakan perpisahan bagi Suchao.

“Kita sungguh-sungguh merasakan kehilangan. Semua pemain juga manajemen merasa sedih,” ujarnya.

Arsitek Persib Jaya Hartono terlihat berkaca-kaca usai laga. Jaya mengaku, dirinya juga para pemain sangat merasa kehilangan atas kepergian Suchao. Dia hanya berharap, penggantinya Satoshi Otomo bisa mengimbangi permainan Suchao.

“Kita semua sangat sedih. Tapi kita tidak ingin berlarut-larut. Kita hanya berharap dari penggantinya Satoshi agar bisa lebih baik,” pungkasnya.

Lanjut membaca “Gol Perpisahan Suchao untuk Persib”  »»

Amien Rais Menentang Kenaikan Gaji Pejabat


Rencana pemerintah menaikan gaji para pejabat dianggap tidak tepat. Menurut mantan Ketua MPR Amien Rais kebijakan itu akan melukai hati rakyat.

“Saya pikir dalam keadaan prihatin, presiden dan wakil presiden dan menteri sedikit banyak telah melukai hati,” kata Amien Rais dalam peluncuran buku berjudul In Our Time di FX Plaza, Senayan, Jakarta, Kamis (28/1/2010).

Menurut Amien Rais selama ini para pejabat sudah menikmati fasilitas yang cukup mewah, seperti mobil dinas dan fasilitas lain. Sebab itu kenaikan gaji menteri saat ini dinilainya tidak pantas.

“Pejabat tinggi memiliki fasillitas yang aduhai. Ada mobil dinas, telepon gratis dan lain-lain, listrik juga gratis, kalau dinaikan itu kurang pantas,” kata Amien Rais.

Lanjut membaca “Amien Rais Menentang Kenaikan Gaji Pejabat”  »»

Corsa Sponsor Persib


Prestasi Persib Bandung yang terus naik tajam rupanya diminati para sponsor. Setelah sebelumnya Bank Tabungan Pensiunan Negara (BTPN) menggelontorkan dana Rp500 juta bagi Persib, kini PT Multistrada Arah Sarana yang bertekad membantu finansial Maung Bandung.

Bahkan, tak tanggung-tanggung, perusahaan yang salah satunya memproduksi ban bermerek Corsa ini akan membantu Persib hingga tiga tahun kedepan. Perusahaan ini pun langsung mematenkan tagline Corsa Bannya Bobotoh.

Kesepakatan antara PT Persib Bandung Bermartabat (PBB) dan Corsa ini dilangsungkan di Cafe Persib Jalan Sulanjana, Kota Bandung, sore ini. Hadir langsung Presiden Direktur PT PBB Umuh Muhtar dan Presiden Direktur PT Multistrada Arah Sarana Pieter Tanuri yang juga anggota konsorsium Persib. Selain itu, turut hadir juga jajaran pelatih serta para pemain Maung Bandung.

Presiden Direktur PT Multistrada Arah Sarana Pieter Tanuri berharap, dengan adanya kerjasama nyata dengan Persib, maka finansial Persib pada musim kedepannya bisa terus membaik. Terlebih, hal ini juga akan meningkatkan prestasi pada skuad Persib untuk memenuhi ambisinya sebagai juara Liga Super Indonesia (LSI) musim ini. Sebagai komitmen kita menunjang prestasi Persib, maka kita bantu secara nyata dalam kerjasama kali ini, ungkap Pieter.

Bentuk kerjasamanya, kata Pieter, akan lebih memberdayakan komunitas Bobotoh yang tergabung dalam Viking dan Bomber. Sehingga, keuntungan yang diterima kedua belah pihak pun bisa langsung dirasakan para pendukung fanatik Persib. Kerjasamanya sudah kita mulai. Kita akan terus cari ramuan terbaik agar kerjasama kedepannya bisa lebih menguntungkan kedua pihak, jelasnya.

Presiden Direktur PT PBB Umuh Muhtar menyambut baik kerjasama baru tersebut. Umuh berharap, penambahan sponsor bagi Persib akan memacu prestasi Persib sesuai targetnya menjadi juara LSI musim ini. Dia juga menambahkan, kerjasama tersebut akan memancing sponsor lainnya untuk membantu Persib berkiprah hingga beberapa tahun kedepan. Kita ingin ada kerjasama yang berkelanjutan. Sehingga, pada musim berikutnya, kita hanya fokus pada prestasi karena sudah ditunjang finansial yang mapan, bebernya.

Lanjut membaca “Corsa Sponsor Persib”  »»

"Aksi 100 Hari Pemerintahan SBY Baru Titik Awal"


Gerakan 28 Januari 2010 merupakan tonggak awal aksi lanjutan yang akan digagas para aktivis di Tanah Air. Apabila pemerintah tidak menangkap pesannya, maka aksi serupa akan terus bergulir.

Ujung-ujungnya wacana impeachment akan menyeruak dari para aktivis dan elemen kekuatan bangsa yang lain.

Demikian dikatakan pengamat politik Boni Hargens saat berbincang dengan okezone di depan Istana, Kamis (28/1/2010). “Aksi 100 hari pemerintahan SBY-Boediono baru titik awal untuk estafet seterusnya. Pemerintah tidak boleh melihat remeh aksi ini,” ujarnya.

Pesan yang disampaikan oleh para aktivis dalam gerakan hari ini adalah penuntasan kasus Bank Century, reshufle kabinet, serta bongkar koalisi partai pemerintah. “Partai-partai yang sudah tidak sejalan agar dilepas, supaya pemerintahan lebih fokus,” ungkap dia.

Apabila pesan di atas tidak ditangkap dan diserap aspirasinya oleh pemerintah, maka ke depan akan ada gerakan serupa. “Dan akan terus berlanjut sampai presiden dimakzulkan,” tandasnya.

Lanjut membaca “"Aksi 100 Hari Pemerintahan SBY Baru Titik Awal"”  »»

Ledesma Hanya Inginkan Inter


ROMA - Hasrat gelandang Lazio Cristian Ledesma bergabung dengan Inter Milan sudah begitu tinggi. Dia rela menunggu, walaupun nasib karirnya semakin tidak jelas di Olimpico Roma.

Seperti dilaporkan FcInterNews.it, Kamis (28/1/2010) Ledesma tidak putus harapan untuk bisa mengenakan seragam kebesaran Nerazzurri. Buktinya, dia menolak tawaran Bergabung dengan Genoa.

Di Lazio sendiri, Ledesma tidak sudah dipedulikan. Apalagi baru-baru ini dia mendesak manejemen dengan mengajukan tuntutan pembebasan kontrak, meski ujung-ujungnya ditolak oleh komite abitrasi.

Albiceleste yang sadar akan keinginan Ledesma juga berusaha mewujudkan transfer ke Giuseppe Meazza. Salah satu langkah yang ditempuh adalah dengan membuka pintu negosiasi.

Untuk sementara pimpinan Claudio Lotito itu menuntut kompensasi sebesar 11 juta poundsterling buat Ledesma. Sebagai bonus Lazio akan memberikan kesempatan La Baneamata membuka pembicaraan transfer wing bek Alaiksandar Kolarov.

Lanjut membaca “Ledesma Hanya Inginkan Inter”  »»

Hari ke-5 OJT(26-1-2010)



> preparing
>cek pc
>helping customer
>printing
>sending fax
>editing Photo
>burning
>break

smoga hari-hari bsok juga lebih baik..
Hanya ini Laporan saya,, kurang lebih dan adanya kata-kata kurang berkenan mhon di ma'afkan...
terima kasih

Lanjut membaca “Hari ke-5 OJT(26-1-2010)”  »»

Selasa, 26 Januari 2010

Komunitas Intelijen Kumpulkan Media Penyiaran


BANDUNG -Menjelang aksi peringatan 100 hari pemerintahan SBY, Komunitas Intelijen Daerah (Kominda) Jabar mengumpulkan sejumlah asosiasi penyiaran di Restoran D'Palm Jalan Lombok.

Mereka meminta agar media penyiaran tidak terlalu membesar-besarkan aksi peringatan 100 hari pemerintahan SBY tersebut.

Menurut Sekretaris Jaringan Radio Komunitas (JRK), Iman Abda, pertemuan digelar Senin 25 Januari 2010 siang di Restoran D'Palm Jalan Lombok. Dalam pertemuan itu, Kominda membahas rencana aksi peringatan 100 hari pemerintahan SBY pada 28 Januari mendatang.

"Pertemuan membahas rencana aksi mahasiswa memperingati 100 hari pemerintahan SBY pada 28 Januari besok. Mereka meminta media penyiaran tidak terlalu gencar memberitakan aksi itu," kata Iman kepada wartawan, Selasa (26/1/2010). Iman sendiri dalam pertemuan tersebut.

Terkait permintaan Kominda tersebut, kata Iman, JRK mengaku tidak akan menghiraukannya. Menurut Iman, soal pemberitaan, masyarakat bisa menilai sendiri.

"Kalau kami, biarkan saja masyarakat yang menilai soal pemberitaan.
Yang jelas, kami tetap menyiarkan pemberitaan untuk kepentingan masyarakat," kata Iman.

Lebih jauh Iman mengatakan, apa yang disampaikan Kominda lebih disikapi sebagai masukan. "Kami tetap memberitakan apa adanya untuk kepentingan masyarakat," kata Iman.

Lanjut membaca “Komunitas Intelijen Kumpulkan Media Penyiaran”  »»

Juve Ingin Boyong Palladino Lagi


TURIN - Krisis striker yang sedang dialami Juventus membuat manajemen klub sedang berpikir untuk kembali memboyong Raffaele Palladino ke Turin.

Palladino kini sedang menikmati harinya bersama klub Genoa. Pemain 25 tahun ini memang berstatus dimiliki bersama oleh Genoa dan Juventus. Palladino dianggap bisa menjadi solusi masalah di lini depan Juventus.

Wakil direktur umum Juventus Roberto Bettega dan direktur olahraga Alessio Secco, melihat Palladino sedang mengalami peningkatan performa. Secco akan bertemu dengan pihak Genoa untuk membahas kemungkinan membawa Raffaele Palladino kembali ke Turin.

Seperti diberitakan Tuttosport, Selasa (26/1/2009), Roberto Bettega dan Alessio Secco tengah menyiapkan penawaran ke klub Genoa antara 4-5 juta euro untuk Palladino. Namun, pihak Genoa menyatakan enggan kehilangan pemain internasional Italia ini.

Palladino sendiri juga menyatakan keberatan kembali ke Turin. Pasalnya, dia harus berjuang mendapatkan tempat dan bersaing dengan Amauri Carvalho, David Trezeguet serta Alessandro Del Piero.

Lanjut membaca “Juve Ingin Boyong Palladino Lagi”  »»

KPK Tanyai Anggodo Uang Suap untuk Ari Muladi


JAKARTA - Anggodo Widjojo selesai menjalani pemeriksaan KPK sekira pukul 18.15 WIB. Dia langsung langsung masuk ke mobil tahanan yang melaju ke Lemabaga Pemasyarakatan Cipinang.

Anggodo yang mengenakan kemeja biru bergaris keluar setelah 8 jam menjalani pemeriksaan. Dia didampingi pengacaranya Bonaran Situmeang.

Kepada wartawan, Bonaran menyatakan bahwa kliennya dicecar lima pertanyaan oleh penyidik. Seluruhnya terkait dengan proses pemberian uang suap sebesar Rp5,1 miliar kepada Ari Muladi.

”KPK harus juga menahan Ari Muladi untuk membuat terang kasus ini,” ungkap Bonaran di Gedung KPK, Jalan Rasuna Said, Jakarta Selatan, Selasa (26/1/2010).

Bonaran juga menyatakan akan memberikan surat untuk kepada Presiden Susilo Bambang Yudhoyono untuk kesebelas kalinya. ”Kami akan mengirimkan surat yang kesebelas kepada Presiden,” tandasnya.

Dia menjelaskan bahwa berhentinya kasus pemerasan untuk Bibit Samad Rainto dan Chandra M Hamzah, karena arahan Presiden sehingga pihak Anggodo sangat berharap Presiden dapat memberikan keadilan untuk kliennya.

”Mohon Presiden beri keadilan terhadap Anggodo seperti kasus Bibit Chandra,” pungkasnya.

Lanjut membaca “KPK Tanyai Anggodo Uang Suap untuk Ari Muladi”  »»

Tevez: City Klub yang Tepat


MANCHESTER - Jika Robinho berkeras untuk angkat kaki dari Manchester City, lain halnya dengan Carlos Tevez. Bomber Argentina menegaskan komitmennya terhadap klub besutan Roberto Mancini dengan mengklaim bahwa City adalah klub yang tepat untuknya.



Tevez mengejutkan banyak pihak ketika memutuskan hijrah dari Manchester United ke City, awal musim ini. Setelah United tidak juga mempermanenkan statusnya, Tevez pun menandatangani kontrak lima tahun bersama The Citizens dengan nilai transfer fantastis, 47 juta poundsterling.

Kepercayaan City terhadap El Apache tidak sia-sia. Meski baru memasuki paruh musim kedua, Tevez telah mengoleksi 17 gol dari 26 laga untuk City. Termasuk dua gol yang dia lesakkan ke gawang United pada leg pertama semifinal Carling Cup, pekan lalu.

Bagi Tevez, performa apiknya bukan tanpa alasan. Bomber 25 tahun hanya ingin membalas kebaikan serta dukungan seluruh fans The Citizens yang telah mendukungnya sejak pertama kali menginjakkan kaki di klub.

"Penyambutan yang saya terima sejak pertama kali tiba di City sangatlah istimewa. Saya merasa dicintai dan itu hal yang penting bagi setiap pesepakbola," cetus Tevez kepada Sky Sports, Selasa (26/1/2010).

"Rasanya saya ditunjukkan bahwa kini saya berada di klub yang tepat. Semua orang tahu betapa pentingnya fans bagi klub ini. Jika saya bisa membuat mereka senang, itu adalah kehormatan," imbuhnya.

Tevez berpeluang mendapat sambutan dingin dari kubu Old Trafford kala City melakoni leg kedua semifinal Carling Cup, Kamis (28/1/2010) dini hari WIB. Itu menyusul perseteruan Tevez dengan kapten United Gary Neville setelah dirinya membawa City menang 2-1 atas United, pekan lalu.

Namun, pemain yang akrab dipanggil Carlitos itu tampaknya tidak terlalu ambil pusing. "Saya pikir para fans United tahu bahwa saya telah berusaha keras. City adalah klub saya sekarang, tempat dimana saya menjadi bagian dari segala hal. Mungkin, di United tidak selalu berjalan seperti ini," ungkap Tevez.

Lanjut membaca “Tevez: City Klub yang Tepat”  »»

Ade Komarudin: Dokumen Susno Kuat!


JAKARTA - Testimoni Susno Duadji yang disampaikan kepada anggota pansus Hak Angket Century beberapa waktu lalu menuai beragam komentar. Namun, anggota pansus menilai testimoni Susno memiliki dasar yang kuat.



Demikian dikatakan anggota pansus dari Partai Golkar Ade Komarudin kepada wartawan di Gedung DPR, Jakarta, Selasa (26/1/2010). “Yang jelas dokumen Susno itu kuat,” ungkapnya.

Ade tidak menyebut catatan yang diberikan mantan Kabareskrim Kombes Pol Susno Duadji sebagai testimono. Dia lebih memilih istilah dokumen.

“Ada dua hal dalam dokumen Susno. Pertama, tidak diprioritaskan terhadap salah satu calon. Kedua, kesimpulan sementara dasar penyelidikan, ada perbuatan melawan hukum,” terangnya.

Perlu diketahui, awal Januari lalu, Susno memberikan testimoni kepada pansus hak angket Century. Dalam testimoninya, Susno menyebut kasus Century sempat dihentikan karena Boediono saat itu tengah mengikuti Pemilu Presiden dan Wakil Presiden 2009.

Disebutkan pula dalam testimoni setebal 39 halaman itu, Bareskrim tidak memprioritaskan kasus yang diduga melibatkan mantan Gubernur Bank Indonesia Boediono.

Lanjut membaca “Ade Komarudin: Dokumen Susno Kuat!”  »»

Wapres Barca Siap Gantikan Joan Laporta


BARCELONA - Barcelona akan segera melakukan pemilihan presiden klub baru pada musim panas nanti. Yang menarik, wakil presiden Barca, Alfons Godall menyatakan diri siap untuk menjadi pimpinan baru Los Blaugrana, menggantikan Joan Laporta.



Seperti diketahui, masa jabatan Laporta di kursi kepresidenan klub memang akan berakhir pada akhir musim ini. Presiden klub yang berbasis pendidikan sebagai seorang pengacara ini memang masih bisa mengajukan diri kembali. Namun tampaknya, Laporta takkan mengajukan diri lagi, karena ingin terjun ke dunia politik.

Hal ini pun membuat persaingan menuju kursi kepresidenan Barca mengerucut menjadi dua kandidat. Wakil presiden klub Alfons Godall dan pesaing lama Laporta, Sandro Rosell yang sejak 2003 lalu telah mengajukan diri sebagai kandidat pemimpin Los Azulgrana.

Dari dua kandidat tersebut, Laporta secara blak-blakan memberikan dukungannya kepada wakilnya tersebut. Namun, dukungannya kepada Godall bukan karena unsur kedekatan keduanya, melainkan terkesan dengan program kerja yang dicanangkan Godall.

“Alfons Godall mampu melakukan hal yang lebih baik dari saya di sini. Dia merupakan kandidat terbaik yang telah menunjukkan ketertarikan dan keseriusannya kepada FC Barcelona,” ungkap Laporta sebagaimana dikutip Sport, Selasa (26/1/2010).

Dalam kampanye bertajuk “more (lebih)” yang sempat dikumandangkannya beberapa waktu lalu, Godall memang berjanji jika nantinya terpilih sebagai presiden klub, ia akan berusaha untuk meningkatkan apa yang telah dicapai Barca di era Laporta.

“Kami ingin membawa Barca lebih berkembang, lebih sukses, dan tentunya pertumbuhan ekonomi yang juga meningkat. Kami ingin memiliki lebih banyak partner, lebih banyak fans, lebih banyak emosi, lebih banyak anggota, solidaritas dan lebih memperkenalkan Barca di mata dunia. Alasan inilah yang membuat saya maju sebagai kandidat,” ujar Godall kepada harian olahraga Spanyol, Sport.

Lebih lanjut, Godall juga mengusung tekad, “membawa Barca mengecap periode terbaik sepanjang sejarah.”

“Kami berhasil merebut sebelas gelar dalam enam musim terakhir dan kami juga tengah menjadi model dari berbagai manajemen olahraga. Kami mewarisi sekolah olahraga yang dibangun Johan (Cruyff). Saya yakin, kami bisa melakukan hal itu,” tendasnya penuh percaya diri.

Lanjut membaca “Wapres Barca Siap Gantikan Joan Laporta”  »»

Bulog Gelontorkan 7.800 Ton Gula Pekan Depan


JAKARTA - Perum Bulog segera mendistribusikan gula kristal putih impor sebanyak 7.800 ton pekan depan. Bulog menetapkan harga gula impor ini dengan harga eceran tertinggi Rp10 ribu per kilogram (Kg) sehingga harga di gudang sebesar Rp9.300 per Kg.



Direktur Utama Bulog Sutarto Alimoeso berharap dengan digelontorkannya gula impor ini maka bisa mempengaruhi harga gula yang saat ini mengalami tren kenaikan.

“Masuknya gula impor akan mempengaruhi harga gula di dalam negeri. Sehingga jika impor 500 ribu ton dapat direalisasikan harga gula akan turun,” kata Sutarto di Jakarta, Selasa (26/1/2010).

Dia menambahkan, pihaknya akan menggelontorkan gula putih impor sebanyak 6.000 ton dari Thailand di wilayah Jakarta. Dari total kontrak impor gula oleh Bulog sebanyak 48.450 ton diperkirakan akan sampai di pelabuhan Indonesia paling lambat pada pertengahan Februari 2010.

“Semuanya akan dijual melalui mekanisme pasar, kecuali ada permintaan dari pemerintah untuk melakukan operasi pasar murah,” katanya. Jika pemerintah menetapkan adanya operasi pasar maka harga jual gula di pasaran akan lebih rendah sehingga pemerintah harus memberikan subsidi.

Nilai total impor gula putih oleh Bulog sebanyak 48.450 ton. Selain di distribusikan ke wilayah Jakarta, juga akan didistribusikan ke tujuh provinsi lain yakni Sumatera Barat sebanyak 4.000 ton, Sumatera Selatan 4.450 ton, Riau 5.000 ton, dan Bengkulu 2.000 ton. Selain itu ke Provinsi Lampung sebanyak 5.000 ton, DKI Jakarta 7.000 ton, dan Jawa Barat 21.000 ton.

Bulog mengaku tidak bisa memenuhi seluruh kontrak pengadaan gula impor sebanyak 50 ribu ton pada tahun ini dan hanya bisa merealisasikan sebanyak 48.450 ton. “Lebih karena kendala teknis,” katanya.
(Sudarsono/Koran SI/ade)

Lanjut membaca “Bulog Gelontorkan 7.800 Ton Gula Pekan Depan”  »»

Hari Ke-4 OJT(25-1-2010)



> preparing
>cek pc , make stand by in indoclient
>changing gateway into .1
>helping customer
>printing
>photocopy
>sending fax
>burning
>scanning
>break


smoga hari-hari bsok juga lebih baik..
Hanya ini Laporan saya,, kurang lebih dan adanya kata-kata kurang berkenan mhon di ma'afkan...
terima kasih

Lanjut membaca “Hari Ke-4 OJT(25-1-2010)”  »»

Suporter Bonek Mengamuk di Solo


Solo (ANTARA) - Suporter sepak bola berasal dari Surabaya yang dikenal dengan sebutan "Bonek" (Bondho Nekat), yang menumpang kereta api (KA) Pasundan, jurusan Surabaya-Bandung mengamuk saat melintasi wilayah Kota Solo, Jumat.



Ribuan suporter Bonek itu akan menyaksikan pertandingan antara kesebelasannya, Persebaya, melawan Persib, di Bandung.

Saat kereta itu memasuki wilayah Solo, mereka terlihat melemparkan batu dari dalam kereta dengan sasaran masyarakat dan berbagai tempat lainnya di sepanjang jalur kereta tersebut.

Mereka tampak berdesak-desakan di KA Pasundan yang terdiri atas delapan gerbong. Bahkan, relatif banyak suporter yang nekat naik di atas gerbong.

Sejak Stasiun Palur, Solo, hingga Stasiun Gawok, Sukoharjo, mereka melempar batu ke rumah-rumah warga di sepanjang tepi kanan dan kiri jalur kereta itu. Sejumlah warga setempat terluka akibat terkena lemparan batu.

Beberapa warga setempat lainnya yang melihat ulah suporter itu dan terpancing emosinya, membalas dengan lemparan batu.

Salah seorang calon penumpang KA Prameks jurusan Solo-Yogyakarta di Stasiun Jebres, Gimin, mengaku, takut menghadapi ulah suporter itu.

"Saya berlindung di tempat yang aman, dari pada kepala bocor terkena lemparan," katanya.

Pihak kepolisian setempat telah berupaya mengantisipasi kejadian itu dengan menurunkan sekitar 250 anggota Brimob dan Dalmas untuk menjaga keamanan di sepanjang jalur kereta di Solo.

Kepala Poltabes Surakarta, Kombes Pol Joko Irwanto, didampingi Kepala Bagian Operasi, Kompol Slamet Riyadi, tampak memimpin jajarannya untuk mencegah gangguan lebih serius atas situasi keamanan dan ketertiban masyarakat saat suporter itu melintas di sepanjang jalur setempat.

Kereta Api Pasundan memasuki wilayah itu sekitar pukul 11:30 WIB. Sebanyak 60 anggota Dalmas dan Brimob Poltabes Surakarta yang siaga di Stasiun Palur masuk kereta untuk mengawal perjalanan mereka hingga Stasiun Gawok.

Namun, katanya, jumlah suporter cukup banyak dan di antara mereka ada yang naik ke atap kereta.

"Itu membahayakan keselamatan jiwanya," katanya.

Saat kereta itu memasuki Stasiun Jebres, beberapa suporter meloncat dari kereta untuk mengambil batu dan melemparkan kepada petugas, warga, dan calon penumpang di stasiun itu.

Hal serupa terjadi di Stasiun Balapan dan Purwosari. Sejumlah warga dan petugas keamanan yang luka karena terkena batu dibawa ke rumah sakit setempat.

Lanjut membaca “Suporter Bonek Mengamuk di Solo”  »»

Maung Bandung


Apa reaksi Anda saat bersantai menyaksikan berita di televisi lalu sejurus kemudian disuguhi informasi yang menyebutkan kelompok supporter tertentu mengamuk dengan melakukan pelemparan ke tengah lapangan dan melakukan pembakaran di beberapa titik di tribun stadion? Kaget atau malah berkata pada diri sendiri "ah Liga Indonesia, sudah biasa".



Belum selesai disana, esok harinya terbitlah berita di koran yang menyebutkan kelompok supporter tertentu mengamuk karena timnya kalah dan lain sebagainya yang tentu menyudutkan kelompok yang berulah itu. Adilkah? Mungkin ya, mungkin tidak.

Loh kok? sudah jelas mereka yang berbuat karena timnya kalah, supporter di Indonesia mana ada yang dewasa? Mungkin demikian pandangan masyarakat umum dan saya tidak dalam posisi untuk menyangkal hal itu, tetapi boleh kiranya saya mengungkapkan sudut pandang lain yang mungkin bodoh dan sangat sederhana, tetapi bukankah ide yang paling sederhana terkadang jawaban tepat?

Menurut saya sungguh picik jika kita sekadar menonton, mendengar atau membaca berita sebuah kerusuhan di tempat yang damai lalu dengan mudahnya menghakimi "ah payah ah, dasar supporter kampungan" (terlebih Anda adalah penggemar atau penggila sepak bola tetapi tidak pernah datang ke stadion alias terlalu senang dengan sepak bola luar negeri alias tidak suka atau mungkin tidak peduli dengan perkembangan sepak bola domestik).

Suka tidak suka, peristiwa pelemparan atau pembakaran di dalam stadion di Indonesia adalah cerita lama yang terus berulang-ulang bahkan sejak jaman kompetisi perserikatan dan galatama masih berjalan masing-masing. Terkait hal ini, tentu kita semua juga tahu bahwa berbagai usaha berbentuk himbauan kepada supporter agar berlaku tertib mungkin setiap tahun ada spanduk atau flyer yang dibagikan disekitar stadion. Lalu mengapa tidak ada perubahan? pasti ada yang salah disini.

Bukan saya mau bersikap sok tahu, tetapi saya ceritakan sedikit yang terjadi di stadion mungkin hampir di seluruh Indonesia:
1. Tahukah Anda jika banyak petugas keamanan yang datang ke stadion tetapi matanya tertuju kepada lapangan pertandingan dan bukan mengawasi penonton?
Ini sebetulnya kesalahan kecil, tetapi berdampak besar. Kenapa, karena sebetulnya saat petugas keamanan mengawasi supporter sepanjang pertandingan, maka letupan-letupan kecil yang ada bisa langsung terdeteksi.

2. Tahukah Anda ada larangan membawa air dalam kemasan (botol) tetapi banyak sekali pedagang yang berjualan air mineral dalam kemasan (botol) berkeliaran di areal tribun penonton?
Terkesan aneh, botol minuman tidak boleh masuk, tetapi pedagang bebas berkeliaran. Tanya kenapa?

3. Tahukah Anda jika tiket pertandingan biasanya di cetak lebih sedikit dari kapasitas stadion, tetapi banyak penonton tanpa tiket yang bisa masuk ke stadion dengan membayar sejumlah uang kepada oknum petugas yang berakibat sesaknya stadion bahkan bisa meluber ke sisi lapangan.
Ini fakta! silakan Anda bertanya kepada teman yang suka datang ke stadion, jawabnya pasti sama. Bagaimana kenyamanan menonton yang menjadi hak pemilik tiket akan tercipta jika hal seperti ini terus terjadi.

4. Tahukah Anda, ada pagar tinggi yang menjadi pemisah antara petugas keamanan dan penonton di stadion?
Jika terjadi suatu keadaan chaos karena segelintir orang yang terlihat adalah segerombolan kelompok supporter melawan sejumlah petugas keamanan saling serang.

5. Tahukah Anda, saya jarang sekali melihat petugas keamanan yang ditempatkan di areal supporter, jika sekalinya ada, jumlahnya tidak seimbang dengan jumlah supporter.
Percaya atau tidak, supporter memiliki kemampuan untuk menghancurkan tembok lantai stadion dan menjadikannya sebagai alat untuk menyerang. Percaya atau tidak juga, supporter juga sangat mudah untuk mengumpulkan beragam plastik dan kardus bekas yang ditinggalkan pedagang untuk dibakar.

Menilik lima hal yang saya sebutkan di atas sebetulnya peranan panpel dan petugas keamanan untuk menciptakan iklim stadion yang kondusif sebenarnya sangat dominan, JAUH LEBIH DOMINAN DIBANDING SUPPORTER ITU SENDIRI. Kenapa, karena jika di telusuri lebih dalam lagi supporter ternyata hanyalah korban dari sebuah sistem yang tidak dijalankan dengan baik atau jika mau lebih ekstrim kita katakan saja SISTEM YANG SALAH.

Salah bagaimana? Tentu salah..!!! petugas keamanan ada, sistem untuk masuk ke stadion yang memakai tiket sudah diterapkan tetapi, kok bisa ya oknum petugas disogok sehingga penonton tanpa tiket bisa masuk yang berakibat menonton tidak nyaman penuh sesak? kok bisa ya ada pedagang berkeliaran menjual hal-hal yang dilarang di pintu masuk stadion? kok bisa ya petugas keamanan yang ditempatkan di tribun penonton sedikit? padahal letupan kerusuhan itu biasanya berawal dari sana.

Kalau sudah membaca seperti ini, apa masih mau menyebut supporter biang kerok kerusuhan? saya sih lebih melihat supporter adalah korban dari sebuah sistem yang tidak berjalan mulus dan sistem inilah yang harus diperbaiki dan disorot habis-habisan, karena jika menyorot supporter saja, sekali lagi saya menilai supporter adalah korban.

Lalu bagaimana dengan oknum supporter? loh bukankah negara ini negara hukum? TEGAKAN HUKUM, TANGKAP PERUSUH, PROSES SESUAI DENGAN HUKUM YANG BERLAKU.

SEKALI LAGI SAYA TEKANKAN, SUPPORTER ADALAH KORBAN DARI SISTEM YANG TIDAK BERJALAN DENGAN BAIK...!!!

Lanjut membaca “Maung Bandung”  »»

Mikrotik Dengan Win Box

Setelah install Mikrotik sudah OK, selanjutnya masukkan IP sembarang untuk remote.

Misal

ip address add address 192.168.1.254 netmask 255.255.255.0 interface ether2

Kemudian buka browser dengan alamat IP tadi, dan download Winbox



Buka Winbox yang telah di download tadi

Di tampilan Winbox, pada kolom Connect To masukkan no IP tadi (192.168.1.254) dengan

Login : admin password : kosong. Kemudian klik tombol Connect

Login ke Mikrotik Via Winbox berhasil





Klik IP —> ADDRESS

Ini adalah tampilan dari address





Kemudian masukkan IP public (dari ISP)


Setting Gateway, IP —> Routes

Masukkan Primary DNS dan Secondary DNS (dari ISP)
Kemudian klik Apply dan OK


Setting MASQUERADE

Klik IP —> Firewall

Kemudian pilih NAT

Pada tab General
pada Chain pilih srcnat
pada Out. Interface pilih ether1
pada tab Action pilih masquerade

Kemudian klik Apply dan OK

Lanjut membaca “Mikrotik Dengan Win Box”  »»

Setting Hotspot Di Mikrotik




Misal 125.126.127.128 IP Publik dari ISP dan lokal 192.168.1.0/24
=> ether1 ke ISP
=> ether2 ke lokal

#Setting IP
[malih@Mikrotik]>ip address add address=125.126.127.128/27 interface=ether1
[malih@Mikrotik]>ip address add address=192.168.1.0/24 interface=ether2



#Setting Gateway (menuju ISP)
[malih@Mikrotik]>ip route add gateway=20.30.40.50



#setting DNS
[malih@Mikrotik]>ip dns set primary-dns=20.30.40.50 allow-remote-requests=yes
[malih@Mikrotik]>ip dns set secondary-dns=21.31.41.51 allow-remote-requests=yes

#NAT (untuk forward lokal ke public)
[malih@Mikrotik]>ip firewall nat add chain=srcnat action=masquerade out-interface=ether1



# Setting DHCP
[malih@Mikrotik]>ip dhcp-server network add address=192.168.1.0/24 gateway=192.168.1.1 dns-server=20.30.40.50,21.31.41.51

#Distribusikan DHCP
[malih@Mikrotik]>ip pool add name=dhcp-pool ranges=192.168.1.100-192.168.1.254

#Tambahkan DHCP server
[malih@Mikrotik]>ip dhcp-server add name=zamrud disabled=no interface=ether2 address-pool=dhcp-pool

#Set Hotspot
[malih@Mikrotik] > ip hotspot setup
hotspot interface: ether2
local address of network: 192.168.1.1/24
masquerade network: yes
address pool of network: 192.168.1.100-192.168.1.254
select certificate: none
ip address of smtp server: 0.0.0.0
dns servers: 20.30.40.50,21.31.41.51

#Dengan Winbox
IP| hotspot
kemudian pada tabulasi servers click setup

hotspot interface: ether2
local address of network: 192.168.1.1/24
masquerade network: yes
address pool of network: 192.168.1.100-192.168.1.254
select certificate: none
ip address of smtp server: 0.0.0.0
dns servers: 20.30.40.50,21.31.41.51

#Create user
click tabulasi users trus click tanda plus…. kemudian isikan sesuai akses yg akan diberikan ke user
hotspot profile akan terbentuk secara default pada saat create hotspot server,edit sesuai kebutuhan

#Edit Login Hotspot
Masuk FTP Hotspot Server dan ubah sesuai keperluan file HTML di folder hotspot

Lanjut membaca “Setting Hotspot Di Mikrotik”  »»

Setting Speedy Di Mikrotik

"Mikrotik instalations on speedy"

Sebelumnya saya gambarkan dulu skema jaringannya:

Internet---->Modem ADSL---->Mikrotik Routers---->Swicth Hub---->Komputer Client





Untuk LAN, kita pake kelas C dengan network 192.168.2.0/24.
Kemudian untuk mikrotik routers, kita perlu 2 LanCard (EthernetCard). Satu (ether1-192.168.0.1/24)untuk sambungan ke modem ADSL, dan satunya lagi (ether2-192.168.2.1/24)untuk sambungan ke LAN. Dan jangan lupa, untuk Modem ADSL, IP kita set 192.168.0.2/24.

Sebelum mengetikkan apapun, pastikan Anda telah berada pada root menu dengan mengetikkan "/".

Set IP untuk masing-masing ethernet card:
ip address add address=192.168.0.1/24 interface=ether1
ip address add address=192.168.2.1/24 interface=ether2
Untuk menampilkan hasil perintah diatas ketikkan perintah berikut:
ip address print

Kemudian lakukan testing dengan mencoba nge-ping ke gatewayatau komputer yang ada pada LAN, jika hasilnya sukses maka konfigurasi IP Anda sudah benar.
Misalnya:
ping -t 192.168.0.1
ping -t 192.168.2.1

Menambahkan routing
ip route add gateway=192.168.0.2 (IP dari modem ADSL kita)

Setting DNS (DNS Speedy)
ip dns set primary-dns=202.134.1.10
ip dns set secondary-dns=202.134.0.155

Setelah itu coba lakukan testing ping ping ke yahoo.com atau google.com.
Misalnya:
ping -t yahoo.com
ping -t google.com
Jika hasilnya sukses, maka setting DNS sudah benar.

Source NAT (Network Address Translation)/Masquerading, agar semua komputer yang ada pada LAN bisa terhubung ke internet juga, maka Anda perlu menambahkan NAT/Masquerade pada mikrotik.
ip firewall nat add chain=srcnat action=masquerade out-interface=ether1

Sekarang coba lakukan ping ke yahoo.com atau google.com dari komputer yang ada di LAN.
Misalnya:
ping -t yahoo.com
ping -t google.com
Jika hasilnya sukses, maka setting masquerade sudah benar.

===========================================

DHCP (Dinamic Host Configuration Protokol), karena alasan supaya praktis, temenku pengin pake DHCP Server. Biar kalau tiap ada client yang konek, dia ga perlu setting IP secara manual. Tinggal obtain aja dari DHCP Server, beres dah. Untungnya mikrotik ini juga ada fitur DHCP Servernya. Jadi ya ga ada masalah..
Membuat IP Address Pool
ip pool add name=dhcp-pool ranges=192.168.2.2-192.168.2.254
Menambahkan DHCP Network
ip dhcp-servernetwork add address=192.168.2.0/24 gateway=192.168.2.1 dns-server=202.134.1.10,202.134.0.155
Menambahkan Server DHCP
ip dhcp-server add name=DHCP_LAN disable=no interface=ether2 address-pool=dhcp-pool

Sekarang coba lakukan testing dari komputer client untuk me-request IP address dari Server DHCP. Jika sukses, maka sekali lagi settingannya sudah bener.

Bandwidth Control, agar semua client pada LAN tidak berebut bandwidth, maka perlu dilakukan bandwidth managemen atau bandwidth control.
Model yang saya gunakan dalam queue trees. Untuk lebih jelas apa itu, silahkan merujuk ke situsnya mikrotik.

Kondisinya seperti ini:
Koneksi speedy katakan 1024/128 kbps (download/upload). Kita ambil estimasi rata-ratanya saja. Misal kita ambil untuk minimalnya untuk download 800kbps dan untuk upload 100kbps. Sedangkan maksimumnya, untuk download 1024kbps dan untuk upload 128kbps.
Lalu jumlah komputer client yang ada saat ini katakan 10 unit. Jadi harus disiapkan bandwidth itu untuk dibagikan kepada 10 client tersebut.
Perhitungannya kurang lebih seperti ini:
Minimal download : (800*1024bps)/10 = 81920bps
Maksimal download: (1024*1024bps)/10= 104857bps
Minimal upload : (120*1024bps)/10 = 12228bps
Maksimal upload : (128*1024bps)/10 = 13107bps

Selanjutnya kita mulai konfigurasinya:
Tandai semua paket yang berasal dari LAN
ip firewall mangle add src-address=192.168.2.1/24 action=mark-connection new-connection-mark=clients-con chain=prerouting
ip firewall mangle add connection-mark=clients-con action=mark-packet new-packet-mark=clients chain=prerouting
Menambahkan rule yang akan membatasi kecepatan download dan upload
queue tree add name=clients-download parent=ether2 packet-mark=clients limit-at=81920 max-limit=104857
queue tree add name=clients-upload parent=ether2 packet-mark=clients limit-at=12228 max-limit=13107

Sekarang lakukan testing download dari beberapa client, mestinya sekarang tiap-tiap klien akan berbagi bandwidthnya. Jika jumlah klient yang on-line tidak mencapai 10 unit, maka sisa bandwidth yang nganggur itu akan dibagikan kepada client yang on-line.

Graphing, mikrotik juga dilengkapi dengan fungsi monitoring traffic layaknya MRTG biasa. Jadi kita bisa melihat beberapa paket yang dilewatkan pada PC mikrotik kita.
tool graphing set store-every=5min
Berikutnya yang akan kita monitor adalah paket-paket yang semua interface yang ada di PC mikrotik kita.
tool graphing interface add-interface=all store-on-disk=yes
Sekarang coba arahkan browser anda ke IP Router Mikrotik:
http://192.168.2.1/graphs/
Nanti akan keluar pilihan interface apa saja yang ada di router Anda. Coba klik salah satu.

Dari tutorial diatas, yang masuk dalam kategori utama adalah hanya sampai pada menambahkan NAT/Masquerade saja yang selebihnya bersifat optional. Karena menurut saya DHCP yang sifatnya berubah-ubah jadi nanti saya mau limit bandwidthnya terkadang IP tidak sama, dan untuk setting bandwitdhnya limitnya saya lebih suka menggunakan pada winbox yang lebih mudah.

Sekian Dulu Semoga Bermanfaat.

NB:
Untuk Master mikrotiknya silahkan Download Disini, setelah download (file berbentuk image/.iso) burn dulu yah pake nero ato software apa aja terserah. Kemudian instal!!!

Langkah-langkahnya:

1.

After booting from CD you will see a menu where to choose packages to install:

Welcome to MikroTik Router Software installation

Move around menu using 'p' and 'n' or arrow keys, select with 'spacebar'.
Select all with 'a', minimum with 'm'. Press 'i' to install locally or 'r' to
install remote router or 'q' to cancel and reboot.

[X] system [ ] isdn [ ] synchronous
[X] ppp [ ] lcd [ ] telephony
[X] dhcp [ ] ntp [ ] ups
[X] advanced-tools [ ] radiolan [ ] web-proxy
[ ] arlan [ ] routerboard [ ] wireless
[ ] gps [X] routing
[ ] hotspot [X] security

Follow the instructions, select needed packages, and press 'i' to install the software.
2.

You will be asked for 2 questions:

Warning: all data on the disk will be erased!

Continue? [y/n]

Press [Y] to continue or [N] to abort the installation.

Do you want to keep old configuration? [y/n]:

You should choose whether you want to keep old configuration (press [Y]) or to erase the configuration permanently (press [N]) and continue without saving it. For a fresh installation, press [N].

Creating partition...
Formatting disk...

The system will install selected packages. After that you will be prompted to press 'Enter'. Before doing that, remove the CD from your CD-Drive:

Software installed.
Press ENTER to reboot

Lanjut membaca “Setting Speedy Di Mikrotik”  »»

The Dude Network Monitoring


The Dude Network monitor adalah aplikasi baru dari mikrotik yang mana dapat menjadi sebuah jalan anda untuk mengatur lingkungan jaringan anda, the dude akan otomatis membaca dengan cepat semua alat/computer yang terhubung dalam jaringan dalam satu jaringan lokal, menggambar dari rancangan peta dari jaringan lokal anda, mengamati layanan dari alat atau komputer dan memberitahu jika ada masalah servis dari alat/komputer dalam jaringan lokal anda.


Beberapa fitur yang tersedia dalam program the dude adalah :
1. Dude bersifat gratis.
2. Instalasi dan pemakaian mudah.
3. Penemuan jaringan otomatis dan pengaturan tata letak jaringan.
4. Mengizinkan anda untuk menyusun peta-peta sendiri dan menambahkan alat-alat sendiri.
5. Dukungan untuk mengamati servis yang berjalan pada alat/komputer tersebut.


Uraian tersebut diatas adalah sedikit penjelasan tentang the dude network monitor dan beberapa fitur yang ada dalam the dude network monitor meskipun masih banyak lagi fasilitas yang di berikan oleh the dude, akan tetapi penulis akan mencoba memberikan sedikit tentang the dude network monitor yang sesuai dengan fitur yang ada.
The Dude bersifat gratis karena dapat di download di website milik mikrotik, pada saat artikel ini di buat penulis mendownload aplikasi the dude di alamat milik mikrotik.

Langkah-langkah instalasi aplikasi the dude
1. Download aplikasi the dude dari official website mikrotik.
2. Setelah proses download selesai, jalankan proses instalasi seperti pada gambar dibawah ini :
3. Setelah tampil seperti gambar diatas maka klik next, mka akan tampil seperti pada gambar dibawah ini :
4. Klik tombol I Agree untuk melanjutkan proses instalasi, kemudian akan tampil seperti pada gambar dibawah ini :
5. Pilih bahasa yang digunakan dalam bahasa penggunaan aplikasi, klik Next maka akan tampil seperti pada gambar dibawah ini :
6. Setelah anda klik next kemudian pilih dimana aplikasi tersebut akan diinstal, kemudian klik install dan proses instalasi akan dimulai. Setelah proses instalasi berakhir maka akan muncul form seperti gambar dibawah ini :
7. Proses instalasi the dude telah berakhir, jika anda ingin menjalankan the dude setelah proses instalasi maka pilih tanda centang pada Run The Dude. Klik Finish.
Kita telah menjalankan proses instalasi fitur yang kedua dari the dude network monitor. Mudah bukan ???, selanjutnya kita akan menjalankan aplikasi dengan fitur ketiga dari the dude network monitor yaitu penemuan jaringan otomatis dan pengaturan tata letak jaringan.



Langkah-langkah untuk menemukan jaringan adalah sebagai berikut :
1. Setelah kita menjalankan aplikasi maka akan muncul form seperti dibawah ini :
2. Dapat kita lihat saat pertama kali kita menjalankan the dude, akan muncul sebuah form Device Discovery form inilah yang akan mencari sebuah alat/komputer pada jaringan yang terhubung dalam satu subnet yaitu 192.168.0.0/24. Range IP yang dicari adalah 192.168.0.1-192.168.0.255. pada form device discovery lita pilih fast agar kita dapat dengan cepat menemukan sebuah alat/komputer, hanya dengan scan by ping jadi servis yang akan discan hanyalah ping saja dari alat/komputer yang terhubung pada sebuah jaringan.
3. kemudian pada tab services dapat kita lihat apa saja yang bias kita scan servisnya akan tetapi jika kita memakai fast scan maka kita hanya akan scan servis ping saja.
4. Pada tab Device type dapat kita lihat alat/komputer apa saja yang akan discan diantaranya Bridge, FTP Server, Mikrotik Device, Mail Server dan lain-lain. Silakan di pelajari untuk yang lain. Klik discover untuk mulai pencarian alat/komputer.
5. Setelah selesai pencarian alat/komputer maka akan muncul jaringan dalam satu subnet yang kita cari yaitu seperti pada gambar dibawah ini :
6. Setelah proses pencarian selesai maka akan muncul seperti pada gambar diatas. Sebagai catatan jika komputer dalam sebuah jaringan firewall nya hidup dan icmp echo request nya tidak dihidupkan maka komputer tersebut tidak dapat discan oleh the dude. Pada gambar diatas dapat dilihat ada sebuah alat/komputer yang tergambar hanya dengan IP saja dan ada yang berupa nama komputer nya, hal tersebut dikarenakan Netbios dari komputer ada yang mati dan ada yang hidup.
Selesai sudah fitur untuk penemuan jaringan dalam satu subnet secara otomatis, sekarang kita mencoba belajar tentang bagaimana kita menambhakan alat/komputer dalam sebuah peta dalam sebuah jaringan komputer.

Langkah-langkah untuk menambahkan alat/komputer dalam sebuah jaringan adalah sebagai berikut :
1. Tekan tombol plus merah seperti pada gambar berikut ini :

2. dapat kita lihat pada gambar diatas tanda plus untuk menambahkan device, network, submap, static dan link yang akan coba saya jelaskan adalah device, network dan link. Device disini adalah alat/komputer yang akan digambar dalam peta jaringan tersebut. Network adalah banyak device yang terhubung dalam jaringan tersebut. Link adalah jalan menghubungkan antara device dengan network tersebut. Dari gambar diatas selanjutnya kita pilih device untuk menambhkan alat dalam jaringan tersebut. Setelah kita klik device maka akan muncul form seperti di bawah ini :

3. Form diatas adalah form untuk menambahkan device misal seperti pada gambar tersebut kita menamabahkan device dengan spesifik IP 192.168.0.234. kita bisa memasukan username dan password jika device tersebut support akan telnet ataupun winbox. Biasanya ini kita gunakan hanya untuk komputer server yang menggunakan mikrotik ataupun komputer yang support telnet. Setelah kita memberikan IP pada device yang akan kita tambahkan klik Next hingga tampil seperti pada gambar dibawah ini :

4. Pertama kali kita akan diberi daftar kosong, servis apa saja dari komputer tersebut yang akan kita scan. Untuk cara menambahkan servis kita klik tanda plus merah di pojok kiri atas form. Setelah kita klik maka akan tampil seperti gambar dibawah ini :

5. Pada gambar diatas kita bisa gunakan servis ping dari komputer tersebut, kita pilih probenya adalah ping jadi kita akan cek komputernya dengan servis ping saja. Probe Interval, Probe Timeout dan Probe Down Count nya kita pilih default saja. Kemudian klik Ok, makan akan muncul device yang telah kita buat sendiri, seperti pada gambar dibawah ini :

6. Setelah kita menambahkan device baru kita bisa menambahkan link yang menghubungkan antara device dengan network. Kita kembali ke langkah pertama dengan menekan tombol plus merah pada pojok kanan atas, kemudian pilih link. Kita sambungkan antara device dengan network. Akan tampil seperti pada gambar dibawah ini :

7. setelah kita menambahkan link antara device yang baru kita buat dengan network maka akan muncul form seperti dibawah ini :

8. Kita pilih mastering typenya adalah simple dan typenya adalah some link (artinya sembarang type dari koneksinya karena kita bisa pilih disitu jika card lan support gigabyte fast ethernet maka bisa kita bilih gigabyte fast ethernet).
Nah selesai sudah untuk pembuatan device dan pembuatan link yang baru sekarang kita bisa mengamati jaringan kita dengan menggunakan the dude.

Selesai sudah pengetahuan awal penggunaan aplikasi the dude network monitor dari mikrotik. Masih banyak lagi yang bisa kita pelajari dari the dude ini dan kita bisa mengaplikasikan untuk memantau dan mengamati jaringan server di lingkungan kita.

Lanjut membaca “The Dude Network Monitoring”  »»

Senin, 25 Januari 2010

Routing Dinamik dengan RIP pada Linux

Selama ini jaringan di kantor saya bekerja , dalam routing antar kantor yang berbeda sudah menggunakan routing dinamik dengan menggunakan RIP. Perangkat yang digunakan untuk menghubungkan kantor Mall FX yang ada di kawasan sudirman dengan Apartemen K-Place adalah switch layer 3 dengan merek Allied Telesis.

Sekarang ini ada kebutuhan untuk menambahkan sebuah PC router sebagai gateway untuk jalur komunikasi ke provider lain, solusi yang diambil adalah menggunakan OS Centos 5.3 dan menginstall zebra untuk routing dinamik.
Berikut adalah topologi dari rencana pengembangan:




Yang akan dibahas disini adalah melakukan konfigurasi pada gateway 1 supaya tabel routing update antara mall fx, apartemen k-place dengan gateway 1 dengan routing dinamik RIP.


* Konfigurasi Gateway 1


o Download file zebra:

[root@KUNINGAN ~]# wget ftp://ftp.zebra.org/pub/zebra/zebra-0.95a.tar.gz

o Ekstrak file zebra:

[root@KUNINGAN ~]# tar zxvf zebra-0.95a.tar.gz

o Masuk kedalam file zebra:

[root@KUNINGAN ~]# cd zebra-0.95a
root@KUNINGAN zebra-0.95a]# ./configure –sysconfdir=/etc/zebra –disable-ipv6 –enable-tcp-zebra
[root@KUNINGAN zebra-0.95a]# make
[root@KUNINGAN zebra-0.95a]# make install

o Kopikan file zebra.conf.sample menjadi zebra.conf

[root@KUNINGAN zebra]# cd /etc/zebra/
[root@KUNINGAN etc]# cp zebra.conf.sample zebra.conf
[root@KUNINGAN zebra]# cp ripd.conf.sample ripd.conf
[root@KUNINGAN zebra]# cp ospfd.conf.sample ospfd.conf
root@KUNINGAN zebra]# cp bgpd.conf.sample bgpd.conf

o Supaya service otomatis dijalankan ketika Gateway di restart.

[root@KUNINGAN zebra]# cp /root/zebra-0.95a/init/redhat/zebra.init /etc/rc.d/init.d/zebra
[root@KUNINGAN zebra]# cp /root/zebra-0.95a/init/redhat/ripd.init /etc/rc.d/init.d/ripd
[root@KUNINGAN zebra]# cp /root/zebra-0.95a/init/redhat/ospfd.init /etc/rc.d/init.d/ospfd
[root@KUNINGAN zebra]# cp /root/zebra-0.95a/init/redhat/bgpd.init /etc/rc.d/init.d/bgpd
[root@KUNINGAN zebra]# chmod 755 /etc/rc.d/init.d/*

o Ubah file zebra, ripd, ospfd, bgpd yang sudah dikopi ke /etc/rc.d/init.d/


File Zebra
[root@KUNINGAN zebra]# vim /etc/init.d/zebra
. /etc/rc.d/init.d/functions menjadi . /etc/init.d/functions
[ -f /etc/zebra.conf ] || exit 0 menjadi [ -f /etc/zebra/zebra.conf ] || exit 0
# daemon /usr/sbin/zebra –d menjadi daemon /usr/local/sbin/zebra –d


File Ripd
[root@KUNINGAN zebra]# vim /etc/init.d/ripd
. /etc/rc.d/init.d/functions menjadi . /etc/init.d/functions
[ -f /etc/ripd.conf ] || exit 0 menjadi [ -f /etc/zebra/ripd.conf ] || exit 0
# daemon /usr/sbin/ripd –d menjadi daemon /usr/local/sbin/ripd –d


File Ospdf
[root@KUNINGAN zebra]# vim /etc/init.d/ospfd
. /etc/rc.d/init.d/functions menjadi . /etc/init.d/functions
[ -f /etc/ospfd.conf ] || exit 0 menjadi [ -f /etc/zebra/ospfd.conf ] || exit 0
# daemon /usr/sbin/ospfd –d menjadi daemon /usr/local/sbin/ospfd –d


File Bgpd
[root@KUNINGAN zebra]# vim /etc/init.d/bgpd
. /etc/rc.d/init.d/functions menjadi . /etc/init.d/functions
[ -f /etc/bgpd.conf ] || exit 0 menjadi [ -f /etc/zebra/bgpd.conf ] || exit 0
# daemon /usr/sbin/bgpd –d menjadi daemon /usr/local/sbin/bgpd –d



Tambahkan Di:
[root@KUNINGAN zebra]# vim /etc/services
zebrasrv 2600/tcp
zebra 2601/tcp
ripd 2602/tcp
ripng 2603/tcp
ospfd 2604/tcp
bgpd 2605/tcp
ospf6d 2606/tcp


Jalankan Service:
[root@KUNINGAN zebra]# service zebra start
[root@KUNINGAN zebra]# service ripd start
[root@KUNINGAN zebra]# service ospfd start
[root@KUNINGAN zebra]# service bgpd start


Lihat port yang sedang running di gateway 1 dengan perintah nmap, jika nmap belum ada maka install dulu :
[root@KUNINGAN zebra]#yum install nmap
[root@KUNINGAN zebra]#nmap localhost
PORT STATE SERVICE
2600/tcp open zebrasrv
2601/tcp open zebra
2602/tcp open ripd
2604/tcp open ospfd
2605/tcp open bgpd


Ok zebra sudah berjalan dengan baik, berarti gateway 1 sudah bisa routing dinamik dengan RIP, OSPF, dan BGP.

* Routing RIP

Agar routing RIP jalan, maka ada dua file yang harus di konfigurasi di masing-masing gateway, yaitu zebra.conf dan ripd.conf
Isi dari file zebra.conf adalah ip address dari interface yang ada pada gateway.
Isi dari file ripd.conf adalah alamat jaringan yang terhubung dengan gateway.
Untuk mengubah file zebra.conf bisa langsung lewat editor atau telne t lewat port 2601, dengan lewat jalur telnet maka kita akan mengkonfigurasi seperti router cisco. Supaya lebih seru mari kita konfigurasi lewat telnet saja, dengan password zebra.


Konfigurasi zebra.conf
Pastikan bahwa di gateway 1 firewall dah mati dengan :
[root@kuningan ~]# iptables –F


Telnet lewat windows:
D:\Documents and Settings\hendra>>telnet 10.200.16.11 2601


Hello, this is zebra (version 0.95a).
Copyright 1996-2004 Kunihiro Ishiguro.
User Access Verification
Password:
Router>
Router> zebra
% Unknown command.
Router>
Router> en
Password:
Password:
Router#
Router# confi
Router# configure ter
Router# configure terminal
Router(config)#
Router(config)# in
Router(config)# interface eth0
Router(config-if)#
Router(config-if)# ip ad
Router(config-if)# ip address 10.200.16.11/25
Router(config-if)#
Router(config-if)# exit
Router(config)#
Router(config)# in
Router(config)# inin
Router(config)# int
Router(config)# interface eth1
Router(config-if)#
Router(config-if)# ip ad
Router(config-if)# ip address 202.51.107.121/26
Router(config-if)#
Router(config-if)# exit
Router(config)#
Router(config)# exit
Router#
Router# write
Configuration saved to /etc/zebra/zebra.conf
Router#
Router#


Konfigurasi rip.conf lewat telnet
Hello, this is zebra (version 0.95a).
Copyright 1996-2004 Kunihiro Ishiguro.
User Access Verification
Password:
ripd>
ripd> en
ripd#
ripd# conf
ripd# configure ter
ripd# configure terminal
ripd(config)#
ripd(config)# ro
ripd(config)# router r
ripd(config)# router rip
ripd(config-router)#
ripd(config-router)# network 10.200.16.0/25
ripd(config-router)#
ripd(config-router)# network 202.51.107.64/26
ripd(config-router)#
ripd(config-router)# exit
ripd(config)#
ripd(config)# exit
ripd#
ripd# write
Configuration saved to /etc/zebra/ripd.conf
ripd#
ripd#


* Cek Routing Table


[root@kuningan ~]# route -n
Kernel IP routing table
Destination Gateway Genmask Flags Metric Ref Use Iface
192.168.1.208 10.200.16.1 255.255.255.240 UG 2 0 0 eth0
202.51.107.64 0.0.0.0 255.255.255.192 U 0 0 0 eth1
10.200.7.0 10.200.16.1 255.255.255.128 UG 2 0 0 eth0
10.200.7.128 10.200.16.1 255.255.255.128 UG 2 0 0 eth0
10.200.6.0 10.200.16.1 255.255.255.128 UG 2 0 0 eth0
10.200.14.0 10.200.16.1 255.255.255.128 UG 2 0 0 eth0
10.200.16.0 0.0.0.0 255.255.255.128 U 0 0 0 eth0
10.107.1.0 10.200.16.1 255.255.255.0 UG 3 0 0 eth0
10.106.3.0 10.200.16.1 255.255.255.0 UG 3 0 0 eth0
169.254.0.0 0.0.0.0 255.255.0.0 U 0 0 0 eth1
10.0.0.0 10.200.16.1 255.0.0.0 UG 0 0 0 eth0
0.0.0.0 202.51.107.65 0.0.0.0 UG 0 0 0 eth1
[root@kuningan ~]#



Tabel routing antara Mall FX, Apartemen K-Place dan Gateway satu sudah saling update dengan RIP.

Lanjut membaca “Routing Dinamik dengan RIP pada Linux”  »»

Photoline 15.30


PhotoLine adalah editor foto berfitur lengkap dengan dukungan untuk teks, vektor dan lapisan gambar. Selain fitur pengeditan standar, mendukung 16 bit per channel, CMYK dan Lab serta penuh warna dengan profil ICC. Browser foto yang termasuk mendukung IPTC dan data EXIF menampilkan dan mengedit, batch konversi, Galeri HTML output, batch renaming dan lebih. Pengolahan gambar profesional – Meskipun memiliki harga rendah PhotoLine 32 menawarkan setiap fungsi yang diperlukan untuk pengolahan gambar profesional: 16 bit per color channel; Warna CMYK dan Lab ruang; Warna manajemen dengan ICC profil. Lossless image processing – Pengolahan gambar Lossless dimungkinkan dengan menambahkan fungsi ke sebuah gambar tanpa mengubah data asli. Dengan cara ini kita tidak kehilangan informasi dan memiliki akses ke data gambar dimodifikasi setiap kali kita ingin.

PhotoLine menawarkan setiap fungsi untuk bekerja dengan foto digital, seperti: PhotoLine can import the raw image data – yang disebut mentah-file – hampir setiap kamera digital. Selain, PhotoLine 32 menawarkan berbagai fungsi untuk meningkatkan foto: Light / Shadow menyesuaikan kecerahan kesalahan. Hubungkan Gambar dapat digunakan untuk menggabungkan dua berbeda terpapar foto ke satu lebih baik. Titik Putih mengoreksi titik putih dari sebuah gambar secara otomatis atau manual. Color Temperatur dapat diatur atau disesuaikan. Aberasi kromatik mengoreksi distorsi warna di tepi. Image Noise reduces the color and brightness noise in an image. Mata merah menghilangkan murid merah yang disebabkan oleh lampu kilat dari kamera. Lensa Koreksi mengoreksi distorsi yang disebabkan oleh kelengkungan lensa. Perspektif distorsi dapat dengan mudah diperbaiki dengan menggunakan alat lapisan atau laso persegi.


PhotoLine dapat menyimpan dokumen sebagai PDF. Melakukan teks dan grafis vektor adalah – jika mungkin – tidak direduksi menjadi pixel grafis. Pada semua warna opsional menyimpan informasi dalam sebuah dokumen yang dapat dikonversi ke CMYK. PhotoLine juga dapat mengimpor file PDF. Impor struktur menyimpan dokumen utuh, artinya, teks dibaca sebagai lapisan teks dan vektor grafik vektor dibaca sebagai lapisan. PhotoLine mampu bekerja dengan dokumen yang berisi lebih dari satu halaman. Hal ini memungkinkan pembuatan buklet dan selebaran. In contrast to classic image processing PhotoLine can create empty pages (pages without a background image) yang dapat digunakan untuk menempatkan gambar, teks dan vektor grafik.

Fitur-fitur:
16 bit per channel, dukungan dari CMYK dan Lab
Warna manajemen dengan ICC profil
Lossless imaging
Proses foto digital
Meretus, benar etc.
IPTC dan data EXIF penanganan
Putar gambar lossless
Ubah nama gambar dan membuat katalog
Buat HTML galeri
Menambah dan mengedit kata kunci
Powerfull kemampuan pencarian
“Real” PDF Impor dan Ekspor (bukan hanya gambar besar)
Multipage dokumen
Kalender dan barcode penciptaan
Kaya fungsi teks
Buat Flash dan animasi GIF
Web Ekspor
Tile gambar, membuat tombol dan gambar peta
batch konversi
Membuat slideshow
Record tindakan
Mencetak dokumen multipage, brosur dan label
Dukungan USB-Stick
Dukungan multiprosesor

Lanjut membaca “Photoline 15.30”  »»

We Are Suporter








Lanjut membaca “We Are Suporter”  »»

Bonek Harus Masuk Daftar Hitam


VIVAnews - Menteri Negara Pemuda dan Olahraga (Menegpora) Andi Mallarangeng meminta aksi kerusuhan yang melibatkan bonek-bonek (bondo nekat) dibawa ke jalur hukum. Pihak-pihak terkait juga diminta agar para pelaku diidentifikasi.

"Pelaku kerusuhan yang melibatkan bonek itu-itu juga dari masa ke masa. Karena itu sebaiknya para pelaku di black list saja," kata Andi usai menghadiri acara FIFA World Cup Trophy Tour by Coca Cola di Hotel Sultan, Senayan, Senin, 25 Januari 2010.

Bonek kembali berulah. Sepanjang perjalanan menuju dan pulang dari Bandung, suporter yang identik dengan warna hijau itu terlibat aksi lempar batu dengan masyarakat Solo.

Tak hanya itu, bonek juga terlibat penjarahan di beberapa stasiun yang disinggahi. Aksi bonek juga berbuntut pada jatuhnya korban luka yang menimpa petugas ketereta api, petugas kepolisian, warga, dan wartawan.

Salah seorang anggota bonek bahkan tewas saat akan berangkat ke Bandung karena terjatuh dari kereta api. Keberangkatan bonek ke Bandung adalah untuk mendukung Persebaya saat berhadapan dengan Persib, 24 Januari 2010.

Duel ini berakhir dengan kemenangan tuan rumah 4-2. "Klub juga harus bertanggung jawab atas aksi suporternya. Tidak mungkin mereka bisa berangkat tanpa ada bantuan dari klub," pungkas Andi.

Lanjut membaca “Bonek Harus Masuk Daftar Hitam”  »»

Berita Terkini Penumpang Tiarap, Balita Jejeritan


Saat KA yang berangkat dari Stasiun Tugu, Jogjakarta itu tiba di daerah Solo, Fatichudin dan seluruh penumpang kaget. Batu-batu sebesar kepalan tangan menghambur, menerjang jendela dan rangka gerbong.


Para penumpang segera tiarap. Sebagian ndlosor di gang dalam gerbong, yang lain merunduk di kursi maisng-masing. Kepanikan makin hebat karena 10 balita yang ada dalam gerbong itu sontak menangis berbarengan. Suara mereka adu kencang dengan jeritan penumpang perempuan.

”Tiap kali batu mengenai kaca, pasti penumpang perempuan menjerit sementara balita menagis kencang,” kata mahasiswa program doktoral Jurusan Ekonomi Islam Unair ini. Sejumlah perkuliahannya dilakukan di UGM, Jogjakarta. Kepanikan penumpang KA Sancaka mirip yang dialami penumpang KA dalam film Derailed yang dibintangi Jean-Claude Van Damme. Bedanya, penumpang KA Sancaka tak cepat menyadari apa yang terjadim, termasuk Fatichudin sendiri.

“Selama di Jogja saya sibuk kuliah, kurang mengikuti berita. Saya tidak tahu bahwa ada masyarakat yang balas dendam kepada rombongan bonek,“ kata Fatichudin.

Aktivis Muhammadiyah itu bersyukur kali itu ia bepergian sendiri tanpa istri dan anak. Kalau saja ia bersama keluarga, ketakutannya pasti berlipat. “Penumpang yang bersama keluarga, khususnya penumpang perempuan dengan bayi mereka mungkin bisa trauma,” ungkapnya.

Kengerian yang dialami Fatichudin bukan satu-satunya. Pasalnya, warga Solo mengincar semua Ka yang mereka perkirakan mengangkut bonek. Bahkan Kapolda Jateng, Irjen Pol. Alex Bambang Riatmodjo pun menyerah.

Awalnya, sambil menggenggam megaphone, Alex bersama Kapoltabes Surakarta, Kombes Joko Irwanto dan sejumlah anggota Brimob coba mengawal KA pengangkut bonek. Di stasiun Jebres, langkah mereka terhenti. Imbauan Alex agar massa tidak melakukan pelemparan batu kepada penumpang bonek hanya menjadi angin lalu.

Lemparan batu terus dilakukan. Tubuh dan wajah Kapolda Jateng tak luput dari sasaran. Tidak ingin mengambil risiko lebih jauh, Alex pun akhirnya turun dari lokomotif dan memilih menghindar.

Penghadangan massa terhadap bonek berlangsung dari stasiun ke stasiun. Selain Jebres, KA Luar Biasa (KLB) dari Bandung yang mengangkut bonek dihentikan di banyak stasiun lain, termasuk Mojolapan dan Solo Balapan. KA lain yang diduga mengangkut bonek juga menjadi korban.

Kereta Api (KA) Gaya Baru Malam jurusan Pasar Senen-Surabaya yang diduga mengangkut rombongan bonek dikejar massa di Solo. Akibat aksi penghadangan itu, KA pun dihentikan di Stasiun Balapan, Solo. Seluruh penumpang terlantar selama 2 jam di stasiun itu. Guna mengantisipasi aksi anarkis, kepolisian mengerahkan pasukan Dalmas dan Brimob, lengkap dengan mobil meriam air di depan jalan menuju Stasiun Balapan.
Menurut seorang penumpang asal Madiun, Tukiman, KA Gaya Baru Malam dilempari batu sejak berangkat dari Jogjakarta hingga Solo. Namun, ketika memasuki Stasiun Purwosari, jumlah massa yang melempari batu makin banyak. Tak hanya melempar, mereka juga mengejar KA tersebut.
”Kaca-kaca gerbong pecah, membuat luka sejumlah penumpang,” kata Tukiman.
Tak cukup melempar batu, massa juga melemparkan bom Molotov. Gerbong nomor lima pun terbakar.
Menurut Tukiman, aksi ini diduga karena KA Gaya Baru Malam mengangkut rombongan bonek yang akan pulang dari Bandung menuju Surabaya. Padahal, dalam kereta itu tidak terdapat rombongan bonek.
Karena konsentrasi massa cukup banyak, akhirnya Brimob membubarkan massa dengan paksa. Mendapat tembakan peringatan, massa pun lari dan memilih siaga di pinggir rel. Setelah agak reda itulah KA Gaya Baru Malam kembali diberangkatkan dengan pengawalan ketat polisi.

Mengapa bonek menjadi sedemikian diincar?

Bisa jadi kondisi itu karena tindakan anarkis bonek dilakukan pada siapa pun. Penumpang biasa, bukan suporter klub sepakbola tertentu, tak luput dari aksi jahil mereka. Salah seorang calon penumpang kereta Pramex tujuan Jogjakarta-Solo, misalnya, menjadi korban lemparan batu para bonek yang berada dalam kereta saat melintas di Stasiun Lempuyangan. Imam Suheri, korban itu, mengalami luka di punggung akibat lemaran batu bonek.

Korban bonek termasuk tiga wartawan yang harus menjalani perawatan di rumah sakit. Di Surakarta, Hasna, fotografer LKBN Antara hingga kini masih menjalani perawatan intensif di RS Panti Waluyo akibat luka serius di bagian kepala dan pelipis setelah dikeroyok bonek. Kamera yang dipegang Hasan pun sempat hendak dirampas, namun berhasil dipertahankan.

Keesokan harinya, Minggu (24/1), saat akan kembali ke Surabaya, ganti wartawan televisi lokal, TATV, Erwina Kartinawati mengalami luka robek di pelipis kiri. Erwina pingsan saat dilarikan ke RS Dr Oen, Solo.

Di hari yang sama, wartawan Indosiar, Niken, menjadi korban saat mengambil gambar di Stasiun Lempuyangan, Jogjakarta. Saat mengambil gambar, tiba-tiba tangan Niken terkena lemparan batu dari arah kereta yang membawa ribuan bonek. Tangannya robek sepanjang 3 cm dan harus dijahit di Posko Kesehatan Stasiun Lempuyangan.

"Tidak menyangka bonek masih bertindak anarkis, padahal di Jogjakarta mereka sama sekali tidak diusik oleh warga saat berangkat menuju Bandung," ujar Niken.

Bukan hanya itu, bonek juga merisikokan nyawa mereka sendiri dengan “membajak“ Ka yang mereka tumpangi. Ka Pasundan yang mengangkut mereka dari Surabaya ke Bandung, “dibajak“ hingga berhenti mendadak di Stasiun Delanggu, Klaten. Padahal, stasiun itu bukan perhentian resmi KA Pasundan.

"Seharusnya kita tidak berhenti di stasiun itu, tapi karena diancam, masinis pun menghentikan kereta," ujar kata Staf Daop VI PT Kereta Api, Jaka Mulyani.

Padahal, kata Jaka, menghentikan kereta secara mendadak dan tanpa informasi awal berisiko tinggi terjadinya tabrakan KA.

Namun, bonek tak peduli. Sukses menghentikan kereta, mereka melemparkan batu ke berbagai arah dan menghancurkan kantor stasiun berikut etalase toko milik Sunarni, Somo Kartono, Wiji Lestari, dan Muladi. Barang-barang di dalamnya dijarah tanpa ampun.

Daryono, Kepala Biro Jogjakarta Indosiar menganggap tindakan bonek sudah keterlaluan. “Harus ada tindakan tegas untuk para bonek yang bertindak anarkis," tegasnya

Harapan Daryono direspon Menteri Pemuda dan Olagraga, Andi Mallarangeng. Mantan Jubir Presiden Susilo Bambang Yudhoyono ini setuju suporter anarkis harus ditangani secara hukum. Tak lupa ia meminta klub-klub sepakbola membina suporternya agar tidak anarkis. "Jadi kalau suporter anarkis, klub juga harus kena sanksi," tegasnya saat peluncuran album kompilasi SBY di Teater Kecil TIM.

Andi sendiri secara eksplisit menyebut aksi anarkis memang penyakit bonek. "Anarkis memang penyakit bonek dalam sepakbola," ujar Andi

Namun demikian, Andi mengingatkan bahwa tindakan anarkis tidak bisa dijadikan stigma. “Jangan digeneralisasi karena tidak semua suporter kelakuannya demikian,” imbaunya.

Lanjut membaca “Berita Terkini Penumpang Tiarap, Balita Jejeritan”  »»

Bonek Pulang, Seribu Nasi Bungkus pun Ludes


SURABAYA - Sekitar dua ribu suporter Persebaya, Bonek, tiba kembali di Surabaya. Mereka turun di Stasiun Wonokromo dan Gubeng sekitar pukul 13.15 kemarin (24/1).


Kedatangan ribuan bonek itu pun menjadi perhatian para penumpang yang berada di dua stasiun itu. Tidak sedikit pemilik kios dan toko di dalam Stasiun Gubeng yang segera menutup tokonya. ''Takut nanti mereka berbuat yang nggak-nggak, mending ditutup aja,'' kata Suhartini, salah seorang pemilik toko jajanan.

Namun, kekhawatirannya tidak terbukti. Para Bonek tidak berbuat onar. Itu terjadi juga karena 500 polisi yang dibantu Satpol PP dan Bakesbang Linmas Pemkot Surabaya segera mengatur mereka dan membawa ke luar stasiun. ''Ayo lewat sini, biar nanti dapat nasi bungkus,'' ujar Kapolres Surabaya Timur AKBP Samudi.

Petugas menyiapkan enam truk untuk mengangkut mereka pulang ke rumah masing-masing. Dua truk dari polisi, dua truk dari Satpol PP, dan dua truk lagi disewa khusus.

Sebelum KA sampai Stasiun Gubeng, sekitar 500 Bonek turun di Stasiun Wonokromo. Saat turun, ratusan Bonek itu langsung menyerbu nasi bungkus yang sudah disediakan Pemkot Surabaya. Aksi saling rebut makanan tersebut dikawal ratusan polisi dari Polres Surabaya Selatan dan Polwiltabes Suarabaya.

Saat ditemui di lokasi, Wakapolwiltabes Surabaya AKBP Setija Junianta menuturkan, arus balik Bonek tersebut sudah diantisipasi pihaknya. Tempat yang diawasi oleh polisi, kata Setija, terfokus pada tiga tenpat. Yakni Stasiun Wonokromo, Gubeng, dan Semut. Total petugas yang disiagakan 21 pleton.

Selain melakukan penganaman, pihaknya juga menyediakan angkutan berupa enam truk kepada bonek. Masing-masing stasiun disediakan dua truk. Hal lainnya, Wali Kota Surabaya juga memberikan seribu nasi bungkus untuk bonek.

Lanjut membaca “Bonek Pulang, Seribu Nasi Bungkus pun Ludes”  »»